JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Cerita Kesuksesan Kelompok Ternak Sapi Ngudi Rejeki Yang Jadi Sorotan. Berawal dari 25 Ekor Bantuan, Kini Ngrembaka Jadi 101 Ekor

Foto/Humas
   
Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Pengolahan bantuan sapi milik kelompok peternak Ngudi Rezeki Popongan menjadi perhatian. Keberhasikan kelompok tani itu mengembangkan bantuan hibah sapi, membawa mereka maju dalam penilaian lomba kelompok tani dan ternak tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepada kelompok Ngudi Rezeki, tim penilai menganjurkan penggunaan teknologi pembuatan pupuk cair serta menerapkan estetika kandang.

“Pupuk cair lebih ramah lingkungan. Juga lebih ekonomis. Dalam tinjauan tadi, kami melihat pengolahan limbah sudah dijadikan pupuk. Namun pupuk padat,” kata Ketua Tim Penilai, Abdullah kepada wartawan usai tinjauan ke kandang, kemarin.

Dalam tinjauan itu, Abdullah yang menjabat Kepala Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu Kelas A Disnakeswan Jawa Tengah didampingi Bupati Karanganyar Juliyatmono, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siti Maesyaroch serta anggota kelompok peternak Ngudi Rezeki yang berlokasi di Kampung Begajah, Kelurahan Popongan, Karanganyar Kota. Tim melakukan kroscek secara administratif maupun faktual di kandang yang memiliki 101 ekor sapi tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, kelompok perlu lebih memperhatikan aspek estetika kandang. Tim menjumpai sisa pakan bercampur kotoran di bagian belakang kandang.

Keberadaannya mengganggu pandangan. Namun demikian, kelompok ini telah menerapkan prinsip agrobisnis dengan membibitkan ternak bernilai jual tinggi.

“Cuma perlu berhati-hati saat membibitkan jenis eksotik (limosin dan peranakan lainnya). Dikhawatirkan muncul gangguan reproduksi. Jarak bunting dengan beranak lebih lama. Lebih mudah reproduksi sapi putih,” katanya.

Kelompok ternak ini maju lomba kelompok ternak sapi potong tingkat Jawa Tengah, bersama dua kelompok dari Kabupaten Grobogan dan Jepara.

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam acara Lomba Kelompok Tani Ternak di Dusun Begajah, Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar.

Ketua Kelompok Ngudi Rezeki, Slamet mengatakan jumlah sapi anggotanya bertambah secara signifikan sejak 2013.

“Mendapat hibah 25 ekor dari APBN 2013. Kemudian diberi bantuan APBD 2014 Rp 30 juta untuk membeli tiga ekor. Populasi pada 2017 sebanyak 67 ekor hingga sekarang 101 ekor. Tiap anggota memiliki 3-5 ekor,” katanya.

Di kelompok ini, pendapatan diperoleh dari penjualan anakan ke pedagang atau kelompok lain. Selain itu, menjual kompos ke petani. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com