JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jelang Putusan MK, Surat Panggilan Telah Dikirim ke Para Pihak

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Surat pemberitahuan sidang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) telah dikirimkan kepada seluruh pihak yang berperkara dalam kasus sengketa Pilprea 2019.

Demikian dikatakan oleh Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono Soeroso.

“Surat pemberitahuan panggilan sudah disampaikan melalui surat elektronik tadi, sekitar pukul 14.15,” kata dia di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Senin (24/6/2019).

Menurut Fajar, hukum acara mengharuskan MK mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh pihak yang berperkara paling lambat tiga hari sebelum putusan.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

“Tidak sekonyong-konyong undangan hari ini, kemudian sidang di hari ini juga,” kata dia.

Seluruh pihak yang berperkara juga sudah mengirimkan surat konfirmasi, akan hadir pada pembacaan putusan MK yaitu pada Kamis, 27 Juni 2019.

Pemohon perkara ini adalah tim hukum kubu pasangan calon presiden Prabowo – Sandiaga untuk termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU). Akan halnya pihak terkait adalah kubu Jokowi – Ma’ruf Amin.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Dengan dikirimnya undangan kepada seluruh pihak berperkara, para hakim masih terus Rapat Pemusyawaratan Hakim sampai Rabu, 26 Juli 2019 karena harus membahas beberapa hal.

”Termasuk (membahas) finalisasi putusan yang akan dibacakan.”

Semula putusan MK dalam perkara sengketa pilpres  dijadwalkan dibacakan pada Jumat, 28 Juni 2019. Namun berdasarkan keputusan RPH pada Senin siang, 24 Juni 2019, para hakim sepakat memajukan jadwal putusan sehari sebelumnya pukul 12.30.

“Kalau sudah siap mengapa harus menunggu tanggal 28,” jelas dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com