loading...
Para pencari kerja saat menuju ke stan BLK Disnaker untuk menanyakan informasi mekanisme pendaftaran pada job fair yang digelar di Gedung SMS Sragen Rabu (26/6/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkab Sragen melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar pameran lowongan pekerjaan atau job fair. Sebanyak 17.500 lowongan pekerjaan berbagai sektor dari 35 perusahaan di Soloraya akan dibuka dalam pameran selama dua hari, Rabu-Kamis (26/6/2019-27/6/2019) di Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen.

Kepala Disnaker Sragen, Pujiyatmoko melalui Kasie Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri, Suyono mengungkapkan 17.500 lowongan itu dibuka dari berbagai sektor seperti kesehatan, industri, perbankan, hingga garmen.

Menurutnya animo pencari kerja cukup tinggi terbukti di hari pertama pembukaan, junlah pengunjung sekitar 1.000 lebih.

“Job fair kita buka dua hari. Mekanismenya pencari kerja melakukan registrasi dulu dan mempersiapkan persyaratan sesuai antrian. Lalu baru melakukan kunjungan ke perusahaan yang dia minati di stan untuk didaftar,” paparnya ditemui di lokasi pameran.

Baca Juga :  Tanggap Wabah Corona, Igana Jawa Tengah dan IARMI Sragen Berkolaborasi Gelar Penyemprotan Desinfektan di Wilayah Gabugan Tanon

Suyono menguraikan berkaca dari tahun sebelumnya, tiap job fair, jumlah pencaker yang terserap memang hanya sekitar 600-700 orang dari ribuan yang melamar.

Hal itu dikarenakan terkadang permintaan perusahaan tidak match dengan pencari kerja. Meski demikian, ia optimistis dengan agenda job fair, setidaknya bisa memberi peluang para pencaker dan mengurangi pengangguran.

“Minimal Pemkab sudah memfasilitasi, mempertemukan perusahaan dengan pencari kerja,” terangnya.

Sementara pantauan di lapangan, antusiasme pengunjung memang membeludak di pagi hari. Namun mendekati siang, suasana sedikit sepi.

Petugas HRD CV Bima Polyplast Sukoharjo, Yulianto menuturkan perusahaannya ikut job fair di Sragen dengan membuka 5-6 posisi mulai dari kabag, staff teknis hingga operator.

Baca Juga :  Terus Meroket, Jumlah ODP Corona Sragen Tambah 10 Orang, Jumlah PP Naik 511 Orang Jadi 2.216. Kesadaran Karantina Rendah, Bupati Sampai Ingatkan Nek Nggak Bisa Bakdo, Nggak Bisa Sungkem Wong Tuwo Lho!

Sampai siang tadi, jumlah pelamar yang mendaftar sudah 70 orang.

“Antusias lumayan bagus karena ditopang layout gedung yang luas dan nyaman. Kalau kami adalah perusahaan plastik yang berpusat di Telukan, Grogol, Sukoharjo. Ada beberapa posisi yang kita buka,” terangnya saat ditemui di sela menunggui stan perusahaannya. Wardoyo