JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sambut Libur Lebaran, Jurug Solo Zoo Siapkan Pekan Syawalan dan Aneka Rekreasi Hiburan Baru dan Menarik

Wahana terbaru koleksi TSTJ yakni Kolam Keceh yag baru saja diresmikan penggunaannya. Foto : dok
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Wahana terbaru koleksi TSTJ yakni Kolam Keceh yag baru saja diresmikan penggunaannya. Foto : dok

 SOLO (JOGLOSEMARNEWS.COM )-Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau yang lebih dikenal dengan Jurug Solo Zoo akan menggelar event syawalan untuk menyambut pemudik dan masyarakat umum yang akan mencari hiburan. Pekan Syawalan akan dilangsungkan dari tanggal 5-9 Juni 2019 dengan menyajikan beragam acara hiburan mulai pentas musik, fragmen Joko Tingkir di pinggi Sungai Bengawan Solo, hingga Pasar Malam.

Para pengunjung juga masih bisa rekreasi menikmati koleksi flora dan fauna di kebun binatang, kemudian menikmati wahana terbaru TSTJ yakni kolam keceh dan aneka rekreasi lain yang kini dimiliki TSTJ.

“Jurug Solo Zoo merupakan destinasi wisata  andalan yang ada di Kota Solo. Sebagai lembaga konservasi, edukasi dan rekreasi untuk menyambut datangnya liburan Lebaran 2019 kami telah mempersiapkan beberapa agenda event agar menarik pengunjung berlibur di Jurug Solo Zoo. Ada pekan Syawalan, kolam keceh, pasar malam dan lainnya. Rugi kalau dilewatkan masyarakat,” ungkap Bimo Wahyu Widodo DS, SP, Direktur TSTJ dalam siaran pers yang diterima Redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM .

Ditambahkan Bimo, tahun ini Jurug Solo Zoo mengangkat tema “Solo Past of Solo Future“ yang bermakna mengangkat kembali budaya Solo yang kental dengan tradisi budaya ke dalam destinasi wisata yang dikemas lebih modern dan milenial.

Adapun Pekan Syawalan yang dimulai tanggal 5–9 Juni 2019 dan dilanjutkan dengan liburan lebaran mulai 10–16 juni 2019, tiketnya dibanderol Rp. 20.000 per orang. Targetnya bisa mencapai 100.000 pengunjung.

Baca Juga :  UNS Pastikan Aktifitas Kantor Tetap Berjalan Meski Lockdown

“Kami telah memepersiapkan berbagai tampilan yang beda dan lebih mengundang daya tarik pengunjung. event pekan syawalan dengan puncak acara kirab Joko Tingkir dan grebek ketupat pada Minggu (9/6/2019). Manajemen juga menyiapkan aneka hiburan, wahana permainan mulai dari istana balon, marry ground, komedi putar, mianan pasir, kereta kelinci, Feeding Time satwa, Bunny Park, kereta kelinci, kolam keceh dan kolam tangkap ikan. Lalu tentunya koleksi satwa baru dan pasar malam,” tambah Bimo.

TSTJ menyiapkan agar liburan lebaran tahun ini akan banyak kejutan dengan banyak hal baru yang disajikan kepada pengunjung ditambah dengan fasilitas e-parking, e-ticketing untuk mempermudah pengunjung serta adanya asuransi bagi pengunjung sehingga pengunjung merasa aman, nyaman dan berkesan saat berlibur.

Selain event tahunan yang menarik pengunjung yaitu puncak acara  kirab budaya dan sendratari  Joko Tingkir, lanjut Bimo, diakhiri dengan grebeg ketupat yang tahun ini dikemas lebih milenial. “Jurug solo zoo juga mempersiapkan beberapa hal baru antara lain taman sebagai spot selfie, wahana permainan, hiburan dan koleksi satwa serta yang tak kalah serunya untuk memanjakan liburan di malam hari sudah dipersiapkan yaitu pasar malam Jurug Solo Zoo. Satwa baru yang menjadi daya tarik di saat liburan lebaran antara lain satwa baru hasil tukar menukar dengan lembaga konservasi lain maupun satwa baru yang lahir seperti Lutung, Blacbuck dan Sitatunga,” katanya.

Baca Juga :  Blusukan Online di 'Kampung Halaman', Gibran Rakabuming Langsung Disodori Keluhan Jalan Rusak

Taman spot selfi yang telah dibangun di beberapa titik yang akan memanjakan para milenial untuk menambah koleksi foto dan mengabadikan moment kebersamaan antara lain taman Jurug Solo Zoo, Taman Bank Indonesia dan terbaru pembuatan taman Bank Jateng yang merupakan bantuan dari CSR Bank Jateng.

Selain itu untuk kenyamanan pengunjung Jurug Solo Zoo juga memperbaiki beberapa fasilitas umum salah satunya toilet yang merupakan bantuan dari BRI Syariah, perbaikan rute jalan, papan petunjuk dan fasilitas berteduh bagi pengunjung.

Sedangkan wahana  yang baru adalah kolam keceh dan kolam tangkap ikan yang telah diresmikan Jumat (31/5/2019) lalu oleh Rektor Universitas Tunas pembangunan Surakarta selaku investor wahana itu. Tiket dibandrol dengan harga tiket masuk kolam keceh Rp 15.000 dan kolam tangkap ikan Rp 10.000 diharapkan akan menarik pengunjung keluarga dan anak-anak.

Hiburan yang akan disajikan selama liburan lebaran, Jurug Solo Zoo menggandeng PT Warna Bhuana Indonesia, yang akan menyajikan berbagai agenda hiburan seperti musik, kuliner dan lainnya. (Syahirul)