loading...
Loading...
Ilustrasi antrian siswa pendaftaran siswa baru PPDB online di Sragen. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar menyatakan akan memberikan perpanjangan waktu bagi SMP negeri yang masih belum terpenuhi kuotanya.

Hal itu menyusul adanya 29 SMP negeri yang belum terpenuhi kuota hingga penutupan PPDB Online Kamis (4/6/2019).

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Agus Hariyanto mengungkapkan meski PPDB telah berakhir, pihaknya memberikan kesempatan untuk memperpanjang masa pendaftaran siswa baru dengan sistem ofline.

Baca Juga :  Tragis, Kaki Terperosok Mesin Penggilingan, Buruh Batu Bata asal Kebakkramat Ini Harus Kehilangan 3 Jarinya

Perpanjangan dibolehkan sampai quota terpenuhi. Hal ini berdasarkan peraturan bupati Karanganyar.

Perpanjangan masa pendaftaran ini hingga satu hari menjelang masuk sekolah tahun ajaran baru.

“Untuk mengatasi persoalan kekurangan siswa ini, kita instruksikan untuk memperpanjang masa pendaftaran dengan sistem ofline hingga quota terpenuhi,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Pramuka, Generasi Muda di Karanganyar Diingatkan Ancaman Tawuran dan Pornografi 

Menurut Agus kekurangan siswa ini, hampir terjadi setiap tahun. Bahkan jumlah total kekurangan siswa di 29 sekolah atau kursi kosongnya mencapai sebanyak 1.074.

“Kondisi kekurangan siswa ini, hampir terjadi setiap tahun, terutama di sekolah yang berada di pinggiran. Salah satu penyebabnya, karena banyak siswa usia sekolah tingkat SMP yang mengikuti orang tuanya merantau serta jumlah kelulusan SD yang tidak sebanding dengan daya tampung,” ujar Agus.

Baca Juga :  Ratusan Pengagum Mantan Presiden Soeharto Ajak Masyarakat Kenang Sebagai Putera Terbaik Bangsa. Gelar Ziarah dan Upacara di Makam Soeharto

Sementara itu, untuk pengumuman PPDB dengan sistem online, Agus Hariyanto meyatakan, akan dilakukan pada hari Sabtu (06/07/2019), melalui website karanganyar.siap-ppdb.com. Wardoyo

Iklan
Loading...