JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

1.074 Kursi Masih Kosong, 29 SMP Negeri di Karanganyar Dibolehkan Perpanjang PPDB Sampai Penuh

Ilustrasi antrian siswa pendaftaran siswa baru PPDB online di Sragen. Foto/Wardoyo

IMG20190704155033 816x612
Ilustrasi antrian siswa pendaftaran siswa baru PPDB online di Sragen. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar menyatakan akan memberikan perpanjangan waktu bagi SMP negeri yang masih belum terpenuhi kuotanya.

Hal itu menyusul adanya 29 SMP negeri yang belum terpenuhi kuota hingga penutupan PPDB Online Kamis (4/6/2019).

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Agus Hariyanto mengungkapkan meski PPDB telah berakhir, pihaknya memberikan kesempatan untuk memperpanjang masa pendaftaran siswa baru dengan sistem ofline.

Perpanjangan dibolehkan sampai quota terpenuhi. Hal ini berdasarkan peraturan bupati Karanganyar.

Baca Juga :  Awas Ada 8 Pos Penyekatan di Karanganyar, Simak Jadwal Semua Kendaraan Luar Kota Mulai Diputarbalik Meskipun Bawa Surat Bebas Covid-19 dan Sudah Divaksin!

Perpanjangan masa pendaftaran ini hingga satu hari menjelang masuk sekolah tahun ajaran baru.

“Untuk mengatasi persoalan kekurangan siswa ini, kita instruksikan untuk memperpanjang masa pendaftaran dengan sistem ofline hingga quota terpenuhi,” ujarnya.

Menurut Agus kekurangan siswa ini, hampir terjadi setiap tahun. Bahkan jumlah total kekurangan siswa di 29 sekolah atau kursi kosongnya mencapai sebanyak 1.074.

Baca Juga :  Semalam Obati Kerinduan, Wabup Karanganyar Rela Bela-Belain Tempuh Jalan Darat Sambangi Warga Yang Tak Bisa Mudik di Jabodetabek. Ternyata Ini Misinya!

“Kondisi kekurangan siswa ini, hampir terjadi setiap tahun, terutama di sekolah yang berada di pinggiran. Salah satu penyebabnya, karena banyak siswa usia sekolah tingkat SMP yang mengikuti orang tuanya merantau serta jumlah kelulusan SD yang tidak sebanding dengan daya tampung,” ujar Agus.

Sementara itu, untuk pengumuman PPDB dengan sistem online, Agus Hariyanto meyatakan, akan dilakukan pada hari Sabtu (06/07/2019), melalui website karanganyar.siap-ppdb.com. Wardoyo