loading...
Loading...
Pemimpin Cabang BRI Sragen, Robert Tumunggor Sitinjak didampingi Dandim Sragen, Letkol Kav luluk saat penyerahan bantuan RTLH untuk veteran perang kemerdekaan di Baleharjo, Sukodono. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Cerita miris soal kehidupan mantan pejuang kemerdekaan kembali menyeruak di Sragen. Nun jauh di desa pelosok Baleharjo, Kecamatan Sukodono, seorang mantan pejuang kemerdekaan RI, Marimin Pawiro Diharjo terpaksa harus bertahan hidup tinggal di rumah tak layak huni selama bertahun-tahun.

Kondisinya yang sudah tua memaksa veteran berusia 70 tahun itu harus pasrah menerima keadaan.

Beruntung, nasib baik menaunginya. Penderitaan Marimin memantik empati dari warga dan aparat TNI setempat. Berkat perjuangan mereka bersama BRI Sragen, rumah Marimin akhirnya mendapat bantuan bedah rumah program RTLH dari BRI.

Baca Juga :  Satu Kadus dan 2 Warga Gondang Sragen Ditangkap Polisi Karena Judi di Siang Hari. Diamankan 11 Set Kartu dan Uang Ratusan Ribu

Dan Selasa (16/7/2019), momen haru itu pun tiba. Rumah reyot milik Marimin sudah berubah menjadi bagus dan lebih layak.

Kakek itu tak kuasa membendung butiran air mata manakala melihat rumahnya kini berubah drastis menjadi bagus.

“Matur suwun Pak,” ucapnya.

Marimin tinggal di Dukuh Baleharjo RT 4, Sukodono. Pagi itu dilakukan penyerahan kunci hasil rehab yang dipimpin Pimpinan Cabang BRI Sragen, Robert Tumunggor Sitinjak dan Dandim 0725/Srg, Letkol Kav Luluk Setyanto.

Penyerahan dihadiri jajaran Koramil, Muspika dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Camat Sukodono Guntur Rilo Subroto mengatakan mewakili masyarakat Baleharjo, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan Kodim 0725/Sragen dan BRI yang telah peduli dengan bantuan RTLH kepada masyarakat sejumlah 4 unit. Salah satunya rumah veteran Marimin di Baleharjo.

Baca Juga :  Undang Semua Pengamen, Dandim Sragen Buat Ajang Festival Musik Jalanan. Lagunya dari Jembatan Merah Sampai Pamer Bojo, Pemenang Bakal Tampil Bareng Inka Kristi 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama masyarakat dengan Babinsa Baleharjo (Sertu Rohmad) yang telah bekerja baik siang malam demi mengabdi kepada masyarakat Baleharjo,” ujarnya.

Sementara, Dandim Letkol Kav Luluk mengucapkan terima kasih kepada BRI Sragen yang telah bekerjasama dengan Kodim mengadakan program RTLH dan terselesaikan dengan baik.

Ia menyampaikan terlaksananya program RTLH itu bukan merupakan jasa dari BRI maupun Kodim 0725/Sragen. Akan tetapi lebih merupakan gotong royong dari masyarakat Sukodono yang masih bagus sekali.

Baca Juga :  Trenyuh Lihat Warga Kekeringan, Dandim Sragen Gelontor 10 Tangki Air Bersih. Sudah Siapkan 1.000 Bibit Pohon Untuk Penghijauan 

“Program yang telah dilaksanakan oleh BRI bekerja sama dengan Kodim 0725/Sragen jangan terus diandalkan. Tetapi biarpun nanti seandainya program RTLH ini tidak ada lagi tetapi dalam membantu warga yang kekurangan harus disengkuyung oleh masyarakat,” katanya.

Sementara, Pimpinan Cabang BRI Sragen, Robert Tumunggor Sitinjak mengatakan program RTLH itu memang digelar berkoordinasi dengan Kodim Sragen. Ia kemudian didaulat menyerahkan secara simbolik kunci rumah kepada Marimin. Wardoyo

 

 

Iklan
Loading...