JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Puluhan Tim SMA se-Solo Ikuti Lomba Desain Batik 2019 Uniba

Puluhan tim dari SMA se Solo mengikuti lomba desain batik 2019 yang digelar Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta, Rabu (24/7/2019). Istimewa
loading...
Loading...
Puluhan tim dari SMA se Solo mengikuti lomba desain batik 2019 yang digelar Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta, Rabu (24/7/2019). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Puluhan tim dari SMA se Solo mengikuti lomba desain batik 2019 yang digelar Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta, Rabu (24/7/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Uniba Surakarta ke-36.

Ketua Panitia Lomba Desain Batik 2019 Uniba Surakarta, Ibnu Suryo mengatakan, tema yang diketengahkan dalam lomba desain Batik kali ini adalah Menjaga Tradisi dengan Inovasi.

“Lomba dalam rangkaian acara Dies Natalis UNIBA Surakarta ke 36 dan sebagai salah satu bentuk kekhawatiran besar terhadap generasi muda yang mulai sibuk dengan teknologi dan perlahan tapi pasti meninggalkan tradisi. Batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia adalah salah satu tradisi yang dapat dikolaborasikan dengan inovasi. Inovasi tersebut salah satunya dapat diaplikasikan pada motif-motif batik,” paparnya.

Baca Juga :  The Sunan Hotel Solo Padukan Paket Menginap dan Pesta Tahun Baru

Ibnu menambahkan, tujuan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga budaya batik sebagai warisan asli bangsa Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta akan batik pada diri anak bangsa.

“Segmentasi peserta lomba ini, kata Ketua Panitia Lomba Desain batik 2019, adalah siswa SMA dan sederajat. Hal tersebut diselaraskan dengan tujuan adanya lomba ini. Selain itu pemilihan siswa SMA dan sederajat adalah mereke para generasi muda merupakan generasi yang menjadi penerua bangsa ini, sehingga harus tetap menjaga tradisi agar tradisi tidak punah,” tukasnya.

Adapun jurinya, juri yang pertama adalah Solichul Hadi A.B. Ia adalah pengusaha sukses di bidang perbatikan, selain itu juga dosen di UNIBA Surakarta. Juri yang kedua adalah Sarah Rum Handayani Pinta. Ia adalah Dosen di prodi Kriya Tekstil Seni Rupa dan Desain UNS. Triawati PP

Loading...