JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

7 Hektare Lahan dan Hutan di Dungbandung Gemawang Ngadirojo Terbakar

Api membakar lahan dan hutan di Dungbandung Desa Gemawang, Ngadirojo, Wonogiri.

IMG 20190820 WA0036
Api membakar lahan dan hutan di Dungbandung Desa Gemawang, Ngadirojo, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sedikitnya tujuh hektare lahan dan hutan di Dusun Dungbandung Desa Gemawang Kecamatan Ngadirojo Wonogiri terbakar, Selasa (20/8/2019).

Hingga kini api masih membakar lahan dan hutan milih warga dan Perhutani itu. Jenis tanaman yang ada meliputi jati, mahoni, sonokeling, dan jambu mete.

“Diperkirakan titik api berawal dari lahan warga berupa semak-semak dan gugusan daun kering,” kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto.

Baca Juga :  84, ini Jumlah Ibu Hamil yang Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri, Setiap Bumil dengan Usia Kandungan Memasuki Tri Semester Ketiga Wajib Ikuti Tes Swab

Kobaran api lantas menjalar meluas ke area lahan hutan negara. Tepatnya di petak 48-7 dan petak 48-4 RPH Tirisan
BKPH Wonogiri. Luas yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 7 hektare.

Sampai dengan sekarang upaya pemadaman oleh personil BPBD, TNI, SAR serta warga belum berhasil dilakukan. Karena tiupan angin yang cukup kencang serta lokasi lahan yang terbakar cukup terjal dan membahayakan petugas maupun warga.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari ini Senin 25 Januari 2021, Hujan Lebat Disertai Petir dan Didahului Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Perbatasan Jateng-Jatim Pegunungan Tengah Hingga Jateng Barat. Tetap Waspada Pada Bencana Hidrometeorologi

Namung upaya isolasi agar titik api tidak menjalar ke arah permukiman telah dilakukan. Untuk sementara jarak jangkauan titik api masih sekitar lebih dari 2 kilometer dari batas permukiman warga.

‘Upaya pemantauan lokasi agar titik api tidak menjalar ke arah permukiman tetap dilakukan pada malam hari ini,” ujar dia. Aria