loading...
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Ada beberapa perubahan dalam kabinet baru Jokowi – Ma’ruf Amin. Selain akan mengakomodir menteri-menteri berusia 30-an tahun, sejumlah kementerian juga akan diubah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, meski beberapa menteri berusia belia, namun dijamin mereka telah memiliki pengalaman manajerial yang cukup.

“Sebenarnya banyak calon dari anak-anak muda, mereka tampil percaya diri. Tapi begitu diteliti pengalaman manajerialnya, ternyata lemah,” ujarnya.

Ia menjelaskan calon dari kalangan muda ini tak berasal dari partai politik. Dia akan mengisi pos kementerian lama.

Baca Juga :  102 Daerah di Indonesia Boleh Dibuka, Doni Monardo: Penentunya Kepala Daerah

Selain itu, Jokowi menyatakan sejumlah kementerian memang akan diubah, disesuaikan dengan kebutuhan. Ada pula kementerian baru yang antara lain menangani urusan investasi.

Jokowi mengatakan siap mengumumkan nama-nama menteri itu kapan saja.

“Bisa segera diumumkan, karena pasar juga sudah menunggu untuk kepastian,” kata presiden terpilih itu di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga :  KPK Terima 58 Laporan Gratifikasi Ramadan dan Idul Fitri, Senilai Rp 62,8 Juta

Menurut Jokowi, 55 persen dari jumlah menteri berasal dari kalangan profesional yang dia pilih. Sisanya merupakan usul dari partai politik.

Jokowi menyebutkan kabinetnya merepresentasikan semangat kebangsaan. Selain dari perwakilan partai politik, ia mengakui mempertimbangkan faktor daerah, agama, gender, latar belakang organisasi kemasyarakatan, serta usia dalam menentukan calon menteri.

Ia pun menyatakan usaha kaderisasi pemimpin masa depan juga menjadi bagian penting kabinet mendatang.

www.tempo.co