loading...
Loading...
Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu direncanakan mengisi kuliah umum di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Selasa (13/8/2019) pagi. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu direncanakan mengisi kuliah umum di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Selasa (13/8/2019) pagi. Menhan akan mengusung materi “Bela Negara Sebagai Penangkal Radikalisme Di Kampus” dalam kuliah umumnya di hadapan 8.615 mahasiswa baru UNS Surakarta.

Waki Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Surakarta, Prof Kuncoro Diharjo mengungkapkan, kuliah umum Menhan digelar dalam rangka program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Selain Menhan, Program PKKMB yang diselenggarakan selama enam hari, Selasa- Minggu (13-18/8/2019) tersebut juga akan dihadiri beberapa tokoh nasional lain seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Baca Juga :  Student Vaganza UNS Akan Pecahkan Rekor Indonesia LEPRID

“Acara diawali dengan Upacara Pelantikan Mahasiswa Baru serta Pembukaan PKKMB oleh Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho di Halaman Gedung dr Prakoso UNS, Selasa (13/8/2019) mulai pukul 07.00 WIB. Jumlah mahasiswa yang mengikuti PKKMB tahun 2019 ini sebanyak 8.615 mahasiswa yang terdiri dari program Sarjana sebanyak 6.743 mahasiswa dan Diploma sebanyak 1.872 mahasiswa,” paparnya, Senin (12/8/2019).

Prof Kuncoro menambahkan, Menhan rencananya akan memberikan kuliah umum di hari pertama. Kemudian untuk hari kedua Rabu (14/8/2019), juga digelar kuliah umum oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar PhD tentang Kebijakan Energi Indonesia dan Gubernur Jawa Timur. Kemudian hari ketiga Kamis (15/8/2019) mahasiswa baru disambut di fakultas masing-masing dan akan memperoleh materi tentang layanan akademik serta kemahasiswaan.

Baca Juga :  UMS Kembali Luluskan Dua Doktor Ilmu Hukum Sekaligus, Paramedis Perankan Dokter Jadi Sorotan

Lalu hari keempat Jumat (16/8/2019), mahasiswa baru memperoleh materi tentang pengenalan program studi. Kemudian mahasiswa juga dikenalkan dengan himpunan mahasiswa jurusan serta dilanjutkan untuk menyaksikan Expo Organisasi Kemahasiswaan di UNS.

Hari kelima Sabtu (17/8/2019), karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, maka mahasiswa baru UNS mengikuti upacara bendera dalam rangka HUT RI. Setelah itu dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Diaspora serta motivasi ESQ.

Baca Juga :  Ini Daftar Perguruan Tinggi di Jateng yang Masuk Jajaran Universitas Terbaik Indonesia 2019

Hari keenam Minggu (18/8/2019) yang merupakan hari terakhir PKKMB, digelar Student Vaganza yang digelar di Stadion UNS yang diisi dengan sambutan Rektor UNS dan flashmop merah putih sekaligus penutupan PKKMB.

Dalam Surat Keputusan Rektor UNS No. 685/ UN27/HK/2019 tentang PKKMB program sarjana dan diploma tahun 2019 UNS, bahwa dalam pelaksanaan PKKMB wajib mengikuti peraturan yang berlaku dan dilarang mengadakan tindakan pembodohan, kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) serta tindakan-tindakan lain yang menyimpang dari norma etika dan tradisi akademik. Triawati PP

Iklan
Loading...