loading...
Loading...
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM
Untuk lebih memberikan perhatian terhadap penyandang disabilitas, BPBD Kota Surkarta membentuk tim khusus bernama Unit Layanan Disabilitas (ULD), Kamis (8/8/2019).

“Unit Layanan Disabilitas (ULD) ini nantinya akan bergabung dengan BPBD. Tidak hanya menerima bantuan dan ditolong ketika bencana. Tapi mereka akan membentuk komunitas untuk membantu teman-teman disabilitas yang terkena bencana,” ujar Sekretaris BPBD, Totok Sumarno, Kamis (8/8/2019).

Dengan demikian, ujar Totok, kaum penyandang disabilitas dipandang sebagai sosok yang mandiri dan mampu menolong sesamanya yang dilanda bencana.

“Jadi sesama disabilitas akan lebih membantu BPBD dalam penanggulangan dan penanganan bencana,” jelasnya.

Kaum penyandang disabilitas, dalam program tersebut, kaum disabilitas diberikan pelatihan khusus oleh pelatih profesional agar memiliki keterampilan khusus untuk membantu sesamanya yang terkena bencana.

Baca Juga :  Besok, Pengurus Baru MPC Pemuda Pancasila Solo Dilantik

“ULD ini dibentuk sesuai Perda No 8/ 2016 tentang penyandang disabilitas dan perda PNPB No 14/ 2014 Bab 2 pasal 4 mengenai pembentukan unit layanan inklusif disabilitas penanggulangan bencana Kota Surakarta dan berdasarkan hasil workshop implementasi OLB yang telah di selenggarakan bulan Juli 2019,” ujarnya.

Toto menambahkan, bahwa ULD tersebut dibentuk juga untuk mempererat jalinan kerja sama antara BPBD Kota Surakarta dan PPMBM Solo.

Sementara itu, Misbakhul Arifin selaku Ketua ULD mengaku bangga dan senang atas terbentuknya ULD tersebut.

Secepatnya dia akan melakukan koordinasi langsung, yang akan dilanjutkan dengan aksi nyata.

Baca Juga :  Mahasiswa FH UNS Raih Juara Umum dalam Ubaya Law Fair 2019

“Kaum penyandang disabilitas tidak mungkin kita berikan materi penanggulangan bencana sama seperti orang lain pada umumnya,” ujarnya.

Misbakhul menyebut, bulan September dan Desember mendatang pihaknya akan melakukan aksi. Dalamkegiatan tersebut, ujar Misbakhul, ULD juga akan dilibatkan.
A Setiawan

Loading...