loading...
Loading...
Pelantikan Sutarno sebagai Sekda Karanganyar oleh Bupati. Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar, Juliyatmono merasakan selama ini pergerakan kinerja di OPD Pemkab Karanganyar kurang agresif. Kehadiran Sutarno sebagai Sekda definitif diharapkan memberi semangat baru untuk memacu kinerja jajaran birokrasi di Bumi Intanpari.

Hal itu disampaikan Bupati usai melantik Sutarno di ruang Podang Kantor Setda Karanganyar, Jumat (9/8/2019).

Pelantikan dihadiri semua kepala OPD dan jajaran Forkompinda.

Seusai melantik, orang nomor satu di Karanganyar tersebut berharap sekda yang baru bergerak dengan cepat.

“Era seperti ini semua serba cepat dan percepatan menjadi fokus perhatian Sutarno. Selama ini saya merasakan pergerakan kinerja kurang progresif. Dengan hadirnya Sekda definitif seluruh perencanaan akan dieksekusi dengan baik,” papar Juliyatmono ditemui usai pelantikan Sekda, Jumat (09/08/2019

Perihal pengisian jabatan yang sekda terlalu lama, Bupati membantah dikatakan alot. Namun semua ada mekanisme atau aturan yang harus dilalui dengan baik.

Baca Juga :  Diwarnai Isak Tangis, Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Siap Jalankan Instruksi Presiden dan Kapolda

Prosesnya, begitu Samsi pensiun, maka diisi Pejabat Sementara (Pjs) sambil diadakan proses seleksi. Ketika dibuka pendaftaran yang mendaftar hanya dua orang padahal butuh empat orang. Kemudian lapor lagi ke pusat dan diizinkan untuk membuka pendaftaran lagi.

“Waktunya atau mekanismenya harus demikian. Bukan alot tapi regulasi mengatur demikian,” imbuhnya.

Selanjutnya yang mendaftar 11 orang dan semua mengikuti proses dan prosedur dengan baik. Seluruh tahapan sudah publikasikan secara terbuka. Dari 11 diseleksi tiga orang dan dikonsultasikan ke Gubernur dengan diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Semua tahapan sudah dilalui dan semua mekanismenya sudah diatur sesuai ketentuan. Kami terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi,” ujar Juliyatmono.

Sementara Sekda Karanganyar, Sutarno mengatakan sesuai tupoksi pihaknya akan membantu tugas bupati.  Baik itu berupa pelayanan dan  kebijakan. Termasuk  RPJMD 2019-2023 yang salah satunya menggenjot dengan tehnologi informasi. Semua pelayanan dan kebijakan harus terentigrasi.

Baca Juga :  Siap-siap, Sejumlah Satker di Karanganyar Bakal Dihapus, PNS-nya Bakal Dipindahkan 

“Diskominfo Karanganyar harus mempunyai peran optimal ke depan,” ujarnya singkat.

Sutarno menjabat sebagai Plt Sekda sejak tujuh bulan lalu. Sementara kekosongan kursi Sekda berjalan hampir delapan bulan sejak lengsernya Sekda sebelumnya, Samsi yang telah purnatugas per 1 Januari 2019. Wardoyo

 

Loading...