loading...
Loading...
Momen penetapan gambar calon Pilkades Taraman 2013 yang memanggungkan Agus Nardiyanto Sodron (tengah) dan rivalnya Kamdiyo (kiri) serta satu calon penyerta. Dokumentasi/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Pendaftaran bakal calon di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Taraman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen mencatat sejarah. Di luar dugaan, jumlah pendaftar Pilkades di desa yang konon disebut paling makmur di Sidoharjo itu mencapai 11 orang.

Angka 11 pendaftar itu juga cukup mencengangkan lantaran kabar yang beredar sebelumnya, Pilkades Taraman diprediksi bakal kembali menghadirkan pertarungan ulangan dua calon yang bertarung di Pilkades 2013 yakni Agus Nardiyanto Sodron versus Kamdiyo.

Kepastian 11 pendaftar itu diketahui dari data yang masuk ke panitia sampai hari terakhir pendaftaran ditutup, Senin (5/8/2019) sore pukul 16.00 WIB.

Menariknya dari 11 nama itu, tujuh diantaranya berasal dari luar Taraman dan Kecamatan Sidoharjo. Ada nama Tatag, Agung dan lain-lain yang dinilai cukup asing di kalangan warga Taraman.

“Yang 7 orang itu belum pernah tahu orangnya. Dengar namanya saja juga baru tadi kali ini. Tapi ya aturannya membolehkan begitu ya mau bagaimana lagi,” ujar Ari, salah satu warga Taraman, ditanya soal banyaknya pendaftar dari luar daerah yang menyerbu ke Pilkades Taraman.

Ketua Panitia Pilkades Taraman, Mudzakir mengatakan hingga pendaftaran ditutup, jumlah bakal calon yang mendaftar di Pilkades Taraman memang tercatat sebanyak 11 orang.

Rinciannya, dua orang mendaftar tanggal 31 Juli 2019 yakni Kamdiyo dan Anang Cahyono. Sementara, sembilan bakal calon lainnya, termasuk petahana Agus Widodo atau Agus Nardiyanto, mendaftar secara beruntun di hari terakhir hari ini tadi.

Baca Juga :  Fakta Menarik di Balik Aksi Julik Sopir Pencuri Motor RX King di Tanon Sragen. Permak Habis Bodi Hingga Rubah Noka Nosin, Tapi Terbongkar Juga 

“Jumlah total pendaftar sampai penutupan ada 11 orang. Yang dua sudah mendaftar tanggal 31 Juli, hari ini tadi ada sembilan yang mendaftar,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Senin (5/8/2019) malam.

Mudzakir menguraikan dari 11 bakal calon, tujuh diantaranya memang berasal dari luar Desa Taraman. Meski dari luar daerah, mereka tetap dilayani dan diterima mendaftar lantaran berdasarkan aturan, memang tidak ada klausul harus penduduk setempat.

“Karena syaratnya hanya WNI dan tidak harus penduduk domisili setempat. Panitia hanya sebatas menjalankan proses pendaftaran sesuai aturan dan melayani saja. Ketika ada yang mendaftar, ya kita layani,” terangnya.

Lebih lanjut, Mudzakir menambahkan panitia selanjutnya akan melakukan tahapan verifikasi persyaratan pendaftaran dari masing-masing bakal calon. Dari verifikasi administrasi itu nantinya baru bisa diketahui berapa bakal calon yang memenuhi syarat administrasi, termasuk kemungkinan harus menggandeng pihak ketiga untuk melakukan seleksi.

Jika bakal calon yang lolos administrasi lebih dari 5 orang, maka panitia baru akan berembug untuk menggandeng pihak ketiga guna menggelar seleksi. Sebab sesuai aturan, jumlah calon yang bertarung di Pilkades ditentukan maksimal hanya lima orang. Wardoyo

 

Bakal  Calon Kades Desa Taraman yang mendaftar sampai penutupan Senin (5/8/2019):

Baca Juga :  Waspada, 86 Desa di Sragen Berpotensi Terdampak Bencana Banjir, Longsor dan Puting Beliung. Berikut Daftar Lengkapnya! 

1. Anang Cahyono

D/a : Bulak RT. 08, Taraman, Sidoharjo, Sragen (Calon Baru)

2. Kamdiyo

D/a : Bulak RT. 08, Taraman, Sidoharjo, Sragen (Calon di Pilkades 2013)

3. Agus Nardiyanto

D/a : Bulak RT. 08, Taraman, Sidoharjo, Sragen (Mantan Kades Baru)

4. Reni Puji Lestari

D/a : Taraman RT. 10, Taraman, Sidoharjo, Sragen (Calon Baru)

5. Gunadi

D/a : Margomulyo RT. 40/1, Puro, Karangmalang, Sragen (Calon Baru)

6. Tatag Supriyanto

D/a : Jatirejo RT. 04, Blimbing, Sambirejo, Sragen (Calon Baru)

7. Herlambang Yoga Adhi Putra

D/a : Pecing RT. 002/04, Sragen Tengah, Sragen (Calon Baru)

8. Eko Purnomo

D/a : Sidorejo, Blimbing, Sambirejo, Sragen (Calon Baru)

9. Probo Tri Laksono

D/a :  Banyuning RT. 12/03, Singopadu, Sidoharjo, Sragen (Calon Baru)

10. Agung Kurniawan

D/a : Plumbungan Indah H210 RT. 28/08,  Karangmalang, Sragen (Calon Baru)

11. Champy Halim Arifianto

D/a : Banjarasri RT. 01/10, Nglorog, Sragen (Calon Baru)

 

Loading...