JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jelang Pilkades Serentak Wonogiri, Hak-hal Ini yang Perlu Diwaspadai

Rakor pilkades Sumberagung Kecamatan Batuwarno, Wonogiri.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Rakor pilkades Sumberagung Kecamatan Batuwarno, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah hal perlu diwaspadai masyarakat menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Wonogiri tahun ini.

Fakta itu terungkap saat digelar rakor pilkades di Desa Ronggojati dan Sumberagung Kecamatan Batuwarno.

Camat Batuwarno Khrisma Eko Sutiyono, Rabu (7/8/2019) menegaskan, dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkades sesuai aturan jangan mengambil kebijaksanaan sendiri. Seandainya mengambil kebijakan sendiri maka akan menimbulkan masalah.

Baca Juga :  Update Corona Wonogiri, Tambah 6 Kini Jumlah Kasus Positif COVID-19 Kota Sukses Menjadi 26

Danramil Batuwarno Kapten Inf Sunarta, berujar masyarakat boleh mendukung karena punya hak untuk mencoblos. Namun pihaknya mengimbau jangan sampai masyarakat Desa Ronggojati dan Desa Sumberagung menjadi terbelah hanya karena pilkades.

“Masyarakat jangan terpancing berita hoax. Kami menyampaikan bapak ibu sekalian sebagai tokoh masyarakat harus bisa mengendalikan masyarakatnya,” tandas dia.

Kapolsek Batuwarno Iptu Rudi Sujatmiko, menuturkan, untuk mengurangi situasi yang panas nanti dalam pelaksanaan pilkades maka harus berhati-hati terkait isu-isu yang tidak jelas. Aparat keamanan mengimbau kepada panitia agar senantiasa pedomani peraturan baik Perbup atau aturan yang lain.

Baca Juga :  195 UKM di Wonogiri Terima Bansos Jaring Pengaman Ekonomi Berupa Bahan Baku Produksi

“Belum terlambat untuk pelajari aturan Pilkades yang akan datang sehingga dapat ketahui yang dapat dilaksanakan atau tidak. Pelanggaran hukum yang tidak diatur dalam Perbup maka diatur dalam KUHP,” sebut dia. Aria