loading...
Loading...
Begug Poernomosidi (kiri) menunjukkan salah satu koleksi kerasnya kepada SISKS Pakoe Boewono XIII

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mantan Bupati Wonogiri, Begug Poernomosidi beserta sejumlah tokoh mendapatkan penghargaan rekor dunia. Hal ini menyusul diselenggarakannya pameran 1.345 bilah keris, Senin (5/8/2019).

Ribuan keris itu merupakan koleksi Begug Poernomosidi. Pameran digelar di kediaman Begug yang juga sekretariat Padepokan Budaya Songgolangit di Jl. A. Yani 41 Kecamatan Wonogiri. Pameran dihadiri pula SISKS Pakoe Boewono XIII, sultan dan raja se-Nusantara plus Malaysia.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) menganugerahi Begug dan sejumlah tokoh berupa rekor dunia pameran keris terbanyak. Sejumlah tokoh di antaranya, Sultan Hassanal Bolkiah, SISKS Pakoe Boewono XIII dan permaisuri, Duli Yang Mulia Sultan Sepuh Demak Bintoro Suryo Tjahyo Buwono Hutomo Mandala Putra, Bupati Joko Sutopo, KMT Sunarsih Sunaringtyas, Dato Seri Pahlawan Awang Haji Yussof, Duli Yang Mulia Demak Glagahwangi Sultan Suryo Alam Joyo Kusumo.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah di Ngebrak Kidul Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Kerugian Capai 120 Juta, Begini Kronologisnya

Dari ribuan koleksi milik Begug yang dipamerkan itu, ada keris Kyai Nogosapto, keris bertahta emas dan sejenisnya. Terlihat pula belasan tumbak, cundrik, dan puluhan tosan aji lainnya.

Ribuan keris tersebut selama ini ada yang disimpan di Padepokan Budaya Songgolangit. Sebagian lagi disimpan di sejumlah tempat, termasuk di kediaman Begug di Kota Solo.

“Dalam waktu dekat keris-keria ini akan diikutsertakan dalam pameran di Brunei Darussalam, undangan langsung dari Sultan Hassanal Bolkiah,” tandas Begug.

Baca Juga :  HUT ke-23, BPR Gajah Mungkur Gelar Donor Darah dan Bagikan Paket Sambako

Menurut dia, pameran keris dengan mengundang para sultan dan raja untuk memantapkan posisi keris sebagai bagian dari budaya adiluhung bangsa. Pameran juga menjadi media pembelajaran bagi warga khususnya generasi muda, bahwa banyak hal membanggakan dari bangsa ini, salah satunya keris. Aria

Loading...