JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Perangkat Swit Box di Jalur Rel Kereta Api Wilayah Sragen Dibakar Oknum Tak Dikenal, Petugas Stasiun Panik. Aksi Sabotase?

Kapolsek Sragen Kota, Iptu Mashadi saat memimpin olah TKP. Foto/Wardoyo

2fc8314d d379 4ba5 b43a 19af1013e9a6 800x600
Kapolsek Sragen Kota, Iptu Mashadi saat memimpin olah TKP. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM –Aksi sabotase menimpa jalur perlintasan kereta api di wilayah Sragen. Sejumlah peralatan Swit Box Motor Wesel dan HEAD Axel Konter Rel kereta Api diketahui terbakar dengan indikasi kuat dilakukan oleh oknum dengan kesengajaan.

Insiden pembakaran itu terdeteksi berlokasi di rel kereta api Sragen-Bonromo KM 233 + 200 Kelurahan Sragen Tengah, Sragen.

Tim Polsek Sragen langsung bergerak melakukan olah tempat kejadian perkara yang dipimpin langsung Kapolsek Iptu Mashadi bersama team inafis Polres.

Pengecekan juga didampingi petugas PT Kai Daop 6 Yogyakarta, Stasiun Sragen.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Iptu Mashadi menerangkan, diduga alat Swit Box Motor Wesel dan HEAD Axel Konter Rel kereta Api itu sengaja di bakar oleh seseorang.

Pasalnya pada peralatan yang terbakar tersebut, terdapat kain sarung dan kaos yang sengaja di bakar dengan menggunakan korek api jenis gas yang masih tersisa di tempat kejadian.

Baca Juga :  10 Pengepul Anjing di Sragen Terlacak Berdomisili di Gemolong dan Plosokerep. 2 Pengepul Sudah Tobat, Anjingnya Didatangkan dari Jabar dan Jatim, Dijual Rp 200-300.000

“Saat berhasil di padamkan, kain sarung dan kaos tersebut masih nampak. Di dekatnya juga ada korek api berwarna hijau, diduga sebagai alat untuk memantik api,“ terang Kapolsek, Minggu (11/8/2019).

Peristiwa itu pertama kali diketahui kali pertam oleh petugas piket jaga malam JPL 72 alun-alun sekitar dinihari. Petugas itu mendadak dikejutkan saat melihat ada bara api di TKP.

Melihat ada bara api tersebut, ia langsung panik dan berusaha menghubungi pihak security stasiun Sragen melalui telepon.

Saat dicek, ternyata benar di tempat tersebut terdapat api yang masih menyala dan menyulut peralatan milik PT KAI itu.

“Dari jauh terlihat ada api. Kemudian saksi menelpon security stasiun sragen untuk melakukan pengecekan. Saat di cek ternyata posisi api tersebut tengah membakar peralatan milik PT KAI, “ terang Kapolsek.

Baca Juga :  Kisah Pilu Pasangan Randy-Pitri, Korban Gempa Mamuju asal Sidoharjo Sragen. Semua Jerih Payah 11 Tahun Jualan Jamu Hancur Diterjang Gempa, Sampai Rumah Anak Malah Reaktif Covid-19

Api tersebut menyala dari bahan kain sarung dan kaos yang disatukan. Di dekat lokasi kejadian terdapat pula korek api jenis gas berwarna hijau.

“Jadi ada kemungkinan peralatan tersebut memang sengaja di bakar oleh seseorang,” urai Mashadi.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan pelaku, dengan melibatkan team inafis polres sragen.

Beruntung, meski sempat terbakar, namun alat itu hanya mengalami pengelupasan pada pelindung kabel. Perangkat Swit Box Motor Wesel juga dipastikan tidak mengalami kerusakan.fatal.

Kapolsek juga memastikan hasil koordinasi dengan pihak KAI Sragen, insiden itu tidak mengganggu sistem navigasi perkeretaapian.

Namun atas kejadian pembakaran Swit Box Motor Wesel dan HEAD Axel Konter tersebut, pihak PT KAI Daop 6 Yogyakarta ditafsir mengalami kerugian hingga Rp 25 juta.

“Masih kami selidiki untuk mengungkap pelaku. Mudah-mudahan bisa segera terungkap,” papar Kapolsek. Wardoyo