loading...
Loading...
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka memperingati hari jadi Republik Indonesia yang ke-74, SMK Mandala Bhakti Surakarta menyelenggarakan upacara dan permainan tempo dulu di halaman sekolah, Sabtu(17/8/2019).

Acara ini dihadiri seluruh siswa dan guru SMK Mandala Bhakti Surakarta dengan menggunakan pakaian adat khas Jawa.

Joglosemarnews/A Setiawan

Sebelumnya, Jumat (16/8/2019) dibagikan jamu secara gratis di kawasan Pasar Klewer Solo kepada pedagang kaki lima (PKL), buruh gendong, dan warga.

“Ini kita gelar untuk memperingati 17 Agustus an, sekaligus mengajak masyarakat untuk mengonsumsi jamu sebagai salah satu kearifan lokal,” ujar Dwi Agustin, Guru SMK Mandala Bhakti.

Baca Juga :  Mendikbud Nadiem Makarim Luncurkan Program "Merdeka Belajar", Mulai 2021 Tak Ada Lagi UN

Sedangkan Ifwa Mas’udah, S.Farm, Apt selaku Kepala Sekolah menuturkan, semua kegiatan yang dilakukan itu adalah untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Selain itu juga agar siswa-siswi SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta bisa lebih kreatif dan menjaga serta melestarikan permainan tradisional dan budaya yang ada di Indonesia khususnya Jawa,” ujarnya.

Uniknya, para siswa juga mengenakan pakaian khas jawa dan memainkan permainan tradisional seperti egrang, bekelan, congklak, gobak sodor, uding, benthik, kutik karet, dakon, sunda manda.

Joglosemarnews/A Setiawan

Tak hanya permainan, para siswa juga membuat rumah-rumahan dari bambu dan atap dari jerami padi yang dihias semenarik mungkin.

Baca Juga :  HMAP UNY Studi Banding ke Himadi Unisri

“Semoga Indonesia semakin maju, semakin jaya dan semakin dikenal budayanya oleh bangsa lain,” ujar Ifwa. A. Setiawan

Loading...