JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Soft Launching Logo Muktamar Muhammadiyah ke-48, Begini Filosofinya

   
Logo Muktamar Muhammadiyah ke-48

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Muhammadiyah menggelar soft launching Logo Muktamar Ke 48, Rabu (31/7/2019) malam, di Halaman Gedung Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Peluncuran dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir.

“Acara soft launching ini sekaligus menyiapkan Muktamar agar terlaksana dengan baik dan penuh persaudaraan, kebersamaan selaku warga persyarikatan,” terangnya.

Muktamar ke-48 Muhamamdiyah mengangkat tema “Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta”. Haedar optimistis Muktamar ke-48 Muhammadiyah akan terselenggara dengan baik, penuh persaudaraan, semangat persyarikatan untuk bersyirkah, satu kesatuan yang utuh dan membawa pesan untuk memajukan Indonesia, mencerahkan semesta, serta membangun kemajuan perempuan berkemajuan untuk peradaban bangsa.

Mengusung konsep Gunungan Jawa, beginilah makna Logo Muktamar Muhammadiyah ke-48

1. Gunungan

Gunungan/kayon dalam konsep Jawa adalah symbol tentang pohon kehidupan yang melambangkan seisi alam semesta.

Baca Juga :  Sidang Perdana Sengketa Pilpres, Gibran: Kita Ikuti Prosesnya Saja

Dalam pagelaran wayang, gunungan digunakan sebagai pembuka dan penutup pagelaran, sebagai penanda setiap pergantian adegan/babak (jejeran).

Bentuk gunungan angka 48 dalam tulisan Arab, menjadi simbol  dari muktamar ke-48 yang menjelaskan estafeta  dari periode ke periode menuju babak baru, yang menunjukkan langkah pergerakan dinamis dalam mencapai tujuan Muhammadiyah sebagaimana dicita-citakan KH Ahmad Dahlan.

2. Kaligrafi

Gubahan gunungan dibentuk dari angka 48 dalam kaligrafi Arab. Kaligrafi dan Arsitektur melambangkan peradaban  dan seni Islam yang bernilai tinggi.

3. Panah ke atas

Angka 8 berbentuk seperti anak panah menghadap ke atas, melambangkan perkembangan dan tujuan organisasi dalam membangun/ membangkitkan Peradaban Islam yang Berkemajuan.

4. Latarbelakang Alam Semesta dan Lintasan Cahaya

Background dari gunungan adalah simbolisasi dari alam semesta, sekaligus menggambarkan lintas gerak cahaya (sinar) yang mencerminkan dinamisasi gerakan dakwah dan tajdid pencerahan Muhammadiyah di bumi Indonesia yang terus bergerak dinamis melewati ruang dan waktu guna mencerahkan semesta sebagai aktualisasi Islam Berkemajuan yang menyebarkan misi rahmatan lil-‘alamin.

Baca Juga :  Dari Jakarta Langsung Temua Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Gibran Mengaku Hanya Silaturahmi Saja

5. Berbentuk lingkaran.

Melambangkan keterusmenerusan tanpa putus dan melintas batas. Semburat cahaya bersudut 48 menggambarkan energy, kekuatan, martabat, dan kecerdasan serta dapat diartikan juga sebagai simbol  pencerahan yang menggembirakan dalam Muktamar ke-48 tersebut. Pancaran cahaya itu menyinari dunia sehingga menjadi rahmat bagi semesta.

Jenis huruf

Penulisan Muktamar, tema dan seterusnya menggunakan jenis huruf “Futura” yang mempunyai karakter kokoh, modern, dan futuristik dalam spirit Berkemajuan untuk memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com