JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ternyata 90 Persen Jalur KA Solo-Wonogiri Belum Steril

Ilustrasi rel kereta api. pexels.com
loading...
Loading...
Ilustrasi rel kereta api. pexels.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daops 6 Yogyakarta mencatatkan 90% jalur KA Solo- Wonogiri yang belum steril. Jalur sepanjang kurang lebih 30 kilometer itu belum steril dari bangunan warga sekitar rel.

Kondisi tersebut tentu membahayakan perjalanan kereta api yang melintas. Gangguan saat perjalanan sering dialami KA perintis Railbus Batara Kresna baik saat berangkat dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri maupun sebaliknya.

Menurut Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir gangguan tersebut. Diantaranya dengan pemasangan rambu atau sosialisasi kepada masyarakat bersama Dinas Perhubungan Kota Solo.

Baca Juga :  Puncak HUT TNI Ke 74, Lanud Adi Soemarmo Gelar Air Force 3 Fun 3 dengan Hadiah Utama 1 Unit Rumah

“Namun ternyata permasalahan yang sama masih sering terjadi. Padahal jalur ini merupakan jalur perintis. Artinya, baru dirintis, sehingga diharapkan masyarakat yang ada disekitarnya adaptable (beradaptasi) dengan kereta yang melintas disana. Karena kedepan bakal ada penambahan frekuensi di jalur tersebut,” urai Eko Sabtu (10/8/2019).

Sementara itu terkait sering adanya gangguan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo, Eko menghimbau agar masyarakat lebih menyadari dan memperhatikan jika jalur tersebut ada kereta yang lewat. Masyarakat juga harus ikut menjaga image bahwa KA Batara Kresna dan rel Slamet Riyadi sudah menjadi salah satu ikon Kota Solo.

“Kami berharap, rel di Jalan Slamet Riyadi itu satu satunya di Indonesia yang melintas di tengah kota. Sudah menjadi ikon nasional. Kami berharap masyarakat untuk menyadari, bahwa keberadaan rel ini bukan semata-mata untuk jalan kereta, tapi sudah menjadi image kota Solo. Sehingga kalau parkir jangan di tengah-tengah rel,” tukasnya. Triawati PP

Loading...