loading...
Loading...
Ilustrasi tumpukan sampah yang kian hari kian menggunung di TPS dekat Fajar Indah. Foto/JSnews

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Meski secara resmi ditutup, masih ada saja warga dan pengguna jalan yang membuang sampah di lokasi bekas tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada di Dusun Jengglong, Kelurahan Bejen, Karanganyar Kota.

Pantauan Joglosemarnews.com, bekas TPS yang berada tepat di depan ruang perawatan RSUD Karanganyar tersebut masih dipenuhi sampah berserakan.

Padahal TPS itu secara resmi telah ditutup oleh bupati Karanganyar dan dinas terkait beberapa waktu lalu.

Salah satu warga sekitar bekas TPS, Bambang sebenarnya TPS tersebut, telah ditutup beberapa bulan lalu. Bahkan, petugas Satpol PP juga pernah melakukan penjagaan untuk mengantisipasi agar warga tidak membuang sampah.

Baca Juga :  Jelang Pelantikan Presiden, 450 Polisi di Karanganyar Bakal Dikerahkan Amankan  Sejumlah Obyek Vital dan Titik Massa. Ada Apa? 

“TPS ini sudah resmi ditutup, Mas. Tapi masih saja ada warga dan pengguna jalan yang membuang sampah. Terus terang kami sangat terganggu. Apalagi nanti saat musim penghujan. Tumpukan sampah ini sangat bau,” kata Bambang, Jumat (06/09/2019).

Bambang serta warga sekitar, mendesak agar Pemkab Karanganyar segera mengambil tindakan tegas bagi siapapun yang membuang sampah di lokasi TPS yang telah ditutup tersebut.

Baca Juga :  Terpapar Asap Putri Cempo, Sejumlah Warga Karanganyar Mulai Mengungsi. Beberapa Anak Mulai Sakit Sesak Nafas 

“Kami minta agar Pemkab mengambil langkah tegas. Jangan dibiarkan,” ujarnya.

Disisi lain, warga yang membuang sampah sembarangan juga terjadi di Jalan Nusa Indah, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten. Padahal, lokasi yang dijadikan pembuangan sampah oleh warga tersebut, bukan TPS.

Kepala Dinas satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kurniadi Maulato, mengatakan, untuk mengantisiasi agar warga tidak membuang sampah, menempatkan sejumlah petugas,  melakukan penjagaan.

Baca Juga :  7 Desa di Karanganyar Bakal Gelar Pilkades Serentak. Bupati Minta Warga Merantau Tetap Harus Dimasukkan Daftar Pemilih, Warga Luar Minimal Domisili 6 Bulan 

Saat dilakuan penjagaan, petugas mendapati warga sedang membuang sampah dan langsung dilakukan tindakan.

“Tetap kita melakukan pengawasan dengan menempatkan petugas agar warga tidak membuang sampah di lokasi yang bukan TPS maupun di TPS yang telah ditutup. Larangan untuk tidak membuang sampah juga sudah kita pasang.  Aturannya kan sudah jelas. Jika masih nekad, kita ambil tindakan,” tandasnya. Wardoyo

Loading...