JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Di Tengah Kabar Mosi Tidak Percaya, Airlangga Optimis Tetap Terpilih Ketum

Airlangga Hartarto / tempo.co
Airlangga Hartarto / tempo.co

PURWAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Di tengah kabar mosi tidak percaya dari sejumlah pengurus DPP Partai Golkar, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyatakan optimis dirinya bakal terpilih lagi menjadi ketua umum periode selanjutnya.

Hal itu diungkapkan dia saat menghadiri perayaan 1 Muharram di Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Sabtu (31/8/2019).

Menanggapi hal itu, Airlangga mengatakan bahwa mosi tidak percaya dari pengurus DPP Partai Golkar tidak ada dalam tata kelola partai.

“Itu tidak merupakan bagian dari tata kelola partai. Itu sepertinya tidak ada dalam AD/ART,” kata Airlangga .

Sebagaimana diketahui sebelumnya, sejumlah pengurus DPP Partai Golkar menyatakan mosi tidak percaya terhadap ketua umum Airlangga Hartarto.

Sikap itu muncul lantaran Airlangga dianggap menghalang-halangi pengurus untuk masuk ke DPP Partai Golkar.

Selain itu, Airlangga juga dinilai tidak melaksanakan rapat pleno sejak Agustus 2018 sehingga dinilai melanggar AD/ART.

Baca Juga :  KPK Berhasil Saring 9 Pejabat Baru untuk Isi Jabatan Struktural

Airlangga menilai, tidak ada istilah mosi tidak percaya dalam pengelolaan partai. Sikap itu hanya ada dalam konteks parlementer.

“Di Republik Indonesia, itu (mosi tidak percaya tidak ada (dalam pengelolaan partai), itu parlementer. Dan, tidak usah diperpanjang ya,” kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyatakan, sebanyak 92 persen pemilik hak suara Golkar untuk musyawarah nasional di seluruh Indonesia, sudah bulat menyatakan dukungan terhadap dirinya untuk kembali menjadi ketua umum Golkar.

Dukungan itu tidak hanya disampaikan secara lisan, tetapi juga berupa wujud hitam di atas putih (dukungan tertulis di atas materai).

“Dukungan hitam di atas putih, hadir fisik, bertatapan, bersilaturahmi,” kata Airlangga.

Menurutnya, dukungan tersebut muncul selain dari pengurus DPD tingkat provinsi dan tingkat II (kota/kabupaten), juga dari pengurus kecamatan, dan organisasi sayap Golkar.

Baca Juga :  Bawaslu: 40 Balon Kepala Daerah Positif Covid-19, Tapi Nekat ke KPU

“Insya Allah (terpilih),” kata pria yang juga menjabat sebagai menteri perindustrian ini.

Sementara itu, di sela perayaan 1 Muharram, sejumlah pengurus DPD tingkat provinsi, kabupaten/kota, pengurus kecamatan hingga organisasi sayap Golkar di Jawa Barat menyatakan setia mendukung Airlangga Hartarto.

Dukungan itu diwujudkan pula dalam pernyataan sikap yang ditandatangani ketua dan sekretaris, disaksikan ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi serta sejumlah pengurus DPP dan ratusan pengurus tingkat kecamatan (PK).

Hadir pula dalam deklarasi itu, tokoh senior Golkar Akbar Tandjung.

Ketua DPD Golkar Kota Tasikmalaya M Yusuf yang hadir dalam deklarasi itu menyatakan siap mendukung Airlangga pada Munas Desember mendatang.

“Insya Allah istiqomah,” tandas Yusuf.

www.tribunnews.com