loading...
Loading...
Lima calon di Pilkades Taraman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen saat menunjukkan nomor urut bersama jajaran panitia Pilkades dan Muspika. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Tensi tinggi mewarnai detik-detik penetapan calon dan pengundian nomor urut calon di Pilkades Taraman, Kecamatan Sidoharjo. Setelah melalui seleksi menggandeng pihak ketiga, akhirnya terpilih lima nama calon yang lolos untuk bertarung di Pilkades yang akan dihelat 26 September mendatang.

Mantan Cakades di Pilkades tahun 2013, Kamdijo yang sejak awal dikabarkan bakal menjadi penantang kuat petahana, Agus Nardiyanto alias Sunardi Sodron, akhirnya kandas.

Namun ambisi Kamdijo belum pupus lantaran putranya, Anang Cahyono yang juga mendaftar akhirnya lolos dan ditetapkan sebagai calon.

Anang dan petahana Agus Nardiyanto Sodron lolos bersama tiga kandidat lainnya yakni Reni Puji Lestari, Eko Purnomo dan Gunadi.

Baca Juga :  Amplopan Kunker Anaknya yang Jadi DPRD Sragen, Terkumpul Setengah Miliar. Abah Syarif Sebut Uang Syubhat Alias Tak Jelas! 

Mereka menyisihkan empat bakal calon yang sebelumnya mengikuti seleksi pihak ketiga. Sebelumnya ada 11 pelamar yang mendaftar namun kemudian hanya 9 yang lolos untuk mengikuti seleksi.

Hasil seleksi diumumkan Jumat (6/9/2019) di balai desa dengan dihadiri oleh tim desk kecamatan dan jajaran Muspika.

Proses pengundian nomor urut sempat berjalan sedikit menegangkan. Kubu pendukung dua calon terkuat yakni petahana Agus Nardiyanto Sodron dan Anang, putra Kamdijo sudah bersiap di luar balai desa.

Selesai pengundian nomor urut, sorak sorai pendukung pun bersahutan. Tak puas, mereka kemudian mengarak calon keliling desa sebelum menuju kediaman masing-masing.

Baca Juga :  Krisis Air di Sragen Memuncak, Warga di Sumberlawang Rame-rame Mulai Jual Ternak. Mandi Pun Hanya Sekali Pakai Air Tak Layak

Meski sedikit menegangkan, prosesi arak-arakan berjalan lancar dan kondusif. Ketua Panitia Pilkades Taraman, Mudzakir mengatakan proses penetapan calon dan pengundian nomor urut sudah selesai digelar dengan lancar dan kondusif.

Menurutnya, panitia memang sengaja menggelar pengundian agak mepet petang hari untuk mencegah adanya arak-arakan yang bisa menimbulkan kerawanan.

“Alhamdulillah, meskipun ada arak-arakan tapi nggak lama dan bisa kondusif. Sengaja kami agak mepetkan waktunya mendekati magrib untuk menghindari arak-arakan yang berlebihan,” paparnya kepada Joglosemarnews.com, Sabtu (7/9/2019).

Setelah tahapan penetapan calon dan pengundian nomor urut, Mudzakir mengatakan tahapan selanjutnya adalah sosialisasi visi misi atau kampanye.

Baca Juga :  Sampah Sragen 7 Ton Perhari, Bupati Minta Semua Pejabat Eselon II Harus Rintis Bank Sampah di Lingkungan Rumah! 

Namun sebelum itu, pekan depan semua calon akan mengikuti deklarasi Pilkades damai dan anti money politik yang akan digelar serentak semua calon se-Kabupaten Sragen di Gedung Kartini.

“Harapan kami, semua pendukung dan tim sukses calon bisa menjaga situasi kondusif. Sehingga Pilkades bisa berjalan lancar dan aman,” tandasnya. Wardoyo

 

Daftar Calon dan Nomor Urut 5 Cakades Taraman, Sidoharjo:

1. Reni Puji Lestari

2. Anang Cahyono (putra Kamdiyo

3. Gunadi

4. Agus Nardiyanto (petahana)

5. Eko Purnomo

Sumber: panitia 

 

Loading...