loading...
Dok Humas Unisri

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, menggelar Orientasi Dunia Kerja (ODK) yang diikuti 131 calon lulusan.

Berlangsung di ruang auditorium kampus setempat, acara tersebut dibuka oleh Dekan FKIP, Dra. Sri Hartini, M.Pd.

Dalam sambutannya, Sri Hartini menyampaikan bahwab ODK merupakan kegiatan baru di FKIP, yang berfungsi mengawal lulusan, supaya nanti ketika lulus mereka mudah beradaptasi.

“Program ini membekali mereka dengan berbagai soft skill, antara lain bagaimana mereka membangun komunikasi di tempat kerja dengan atasan, teman, kolega dan mungkin dengan bawahan,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Sulit Lakukan Physical Distancing, Rizal Ramli Usul Sekolah Dibuka 2021

Soft skill yang kedua, ujar Sri, bagaimana menghadapi wawancara pekerjaan supaya sukses dan diterima.

Ketiga, menyusun lamaran pekerjaan dalam bentuk Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

“Ininsebagai wujud komitmen kita yang mengarah pada internasionalisasi Universitas Slamet Riyadi dan satu materi tentang bagaimana tampil menarik sebagai pendidik,” ujarnya.

Pasalnya, ujar Sri Hartini, seorang pendidik tidak boleh sembarangan. Seorang pendidik harus sopan, termasuk dalam hal berpakaian.

Baca Juga :  Rektor UMS Jamu Mahasiswa Asing yang Tidak Bisa Pulang karena Covid-19 pada Hari Raya Idul Fitri

Standar pakaian harus pula diperhatikan. Misalnya panjang dan tebal tipis kain dan bahannya, termasuk kerapiannya, mengingat guru memiliki peran yang sangat penting.

“Pendidik itu sosok yang digugu dan ditiru, selain itu ada 3 aspek yang harus di pegang yakni 3U (Ulat, Ucap, dan Ulah),” jelasnya

Okeh karena itu, Sri Hartini berharap dengan pelaksanaan Orientasi Dunia Kerja, ketika mereka lulus nanti calon lulusan bisa menembus dunia kerja dengan bekal yang dimiliki sehingga cepat menyesuaikan diri, dan berkomunikasi dengan baik. suhamdani