JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Wow, Segini Keuntungan Per Hektare Petani Tembakau di Desa Bolon Karanganyar. Pemkab Siap Bantu Sumur 

Foto/Humas
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM  Pemkab Karanganyar akan menyiapkan bantuan pompa air dan sumur pantek bagi petani tembakau di Desa Bolon, Lecamatan Colomadu. Hal ini untuk membantu petani dalam peningkatan produksi tembakau.

Para petani tembakau di desa Bolon melakukan panen tembakau. Para petani sendiri mengaku cukup puas dengan hasil panen tembakau.

Salah satu petani, Sumarno mengatakan untuk biaya produksi penanaman tembakau sekitar Rp 30 juta perhektar. Sementara untuk hasil panen bervariasi tiap petani tergantung cuaca.

“Kalau cuaca baik petani tembakau dapat mengantongi untung Rp 20-25 juta per hektar,” tuturnya.

Baca Juga :  Ini Pesan yang Disampaikan Anggota DPR RI Komisi IV FPKB Mbak Luluk Ketika Mendampingi Menteri LHK Saat Sambangi Karanganyar

Pihak petani juga mengapresiasi akan disiapkan pompa air dan sumur pantek. Meski hasil tembakau cukup baik di musim kemarau namun petani tetap membutuhkan air untuk tanaman tembakau.

“Kami berterima kasih atas akan diadakannya pompa air dan sumur pantek,” katanya.

Sementara Mulyanto, Kades Bolon mengatakan panen tembakau merupakan kegiatan rutin petani tembakau setempat. Pihaknya sendiri berharap tembakau tetap menjadi komoditas unggulan.

“Semoga harga dan hasil panen tetap bagus karena turut andil dalam peningkatan kesejahteraan petani tembakau di Desa Bolon,” jelasnya.

Baca Juga :  Dapat Restu Jokowi, Pemkab Karanganyar Langsung Kebut Perubahan Anggaran. Anggaran Refokusing Covid-19 Rp 247 Miliar Diperkirakan Hanya Sisa Rp 5-10 Miliar

Terpisah Siti Maesaroh, Asisten Pembangunan Setda Karanganyar mewakili Bupati mengatakan pihaknya berharap hasil pertanian tembakau tetap bagus. Petani juga diminta untuk melaporkan luas area untuk penanaman tembakau supaya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Semakin luas dan hasilnya bagus, maka petani tembakau juga bisa mendapatkan bantuan dana bagi hasil cukai tembakau semakin besar. Semoga dapat menjadi stimulan untuk peningkatan produksi tembakau,” tukasnya. Wardoyo