loading...
Loading...
Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM-  Pemkab Karanganyar akan menyiapkan bantuan pompa air dan sumur pantek bagi petani tembakau di Desa Bolon, Lecamatan Colomadu. Hal ini untuk membantu petani dalam peningkatan produksi tembakau.

Para petani tembakau di desa Bolon melakukan panen tembakau. Para petani sendiri mengaku cukup puas dengan hasil panen tembakau.

Salah satu petani, Sumarno mengatakan untuk biaya produksi penanaman tembakau sekitar Rp 30 juta perhektar. Sementara untuk hasil panen bervariasi tiap petani tergantung cuaca.

Baca Juga :  Kesaksian Warga Soal Keanehan Jelang Penggerebekan Hermawati, Wanita Terduga Teroris Yang Ditangkap di Karanganyar

“Kalau cuaca baik petani tembakau dapat mengantongi untung Rp 20-25 juta per hektar,” tuturnya.

Pihak petani juga mengapresiasi akan disiapkan pompa air dan sumur pantek. Meski hasil tembakau cukup baik di musim kemarau namun petani tetap membutuhkan air untuk tanaman tembakau.

“Kami berterima kasih atas akan diadakannya pompa air dan sumur pantek,” katanya.

Baca Juga :  Kasus Bendera HTI di SMKN 2 Sragen, Disdikbud Jateng Tunggu BAP Lengkap. Kadisdikbud: Semoga Segera Kembali ke Jalan Yang Lurus! 

Sementara Mulyanto, Kades Bolon mengatakan panen tembakau merupakan kegiatan rutin petani tembakau setempat. Pihaknya sendiri berharap tembakau tetap menjadi komoditas unggulan.

“Semoga harga dan hasil panen tetap bagus karena turut andil dalam peningkatan kesejahteraan petani tembakau di Desa Bolon,” jelasnya.

Terpisah Siti Maesaroh, Asisten Pembangunan Setda Karanganyar mewakili Bupati mengatakan pihaknya berharap hasil pertanian tembakau tetap bagus. Petani juga diminta untuk melaporkan luas area untuk penanaman tembakau supaya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Terobosan Baru, Disdikbud Provinsi Jateng Launching Pedoman Penyusunan RKAS SMA/K dan Aplikasi Sidara Girisaka. Masyarakat Bisa Kontrol Pengelolaan Dana Sekolah Via Website! 

“Semakin luas dan hasilnya bagus, maka petani tembakau juga bisa mendapatkan bantuan dana bagi hasil cukai tembakau semakin besar. Semoga dapat menjadi stimulan untuk peningkatan produksi tembakau,” tukasnya. Wardoyo

 

Loading...