JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Cara Mengatasi Sakit Maag Saat Makan dari Dokter Zaidul Akbar

Ilustrasi sakit perut, pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu cara mengindari sakit saat makan bagi penderita maag adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan terlebih dahulu selama 15 menit. Hal itu disampaian pengagas Jurus Sehat Rasul, dr Zaidul Akbar.

“Kunyahlah dengan sangat perlahan, 15-20 menit. Setelah itu baru makan seperti biasa,” kata Zaidul dalam talkshow berjudul Kunci Hidup Sehat Zaman Now di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Selain itu, ia juga menyarankan agar mengonsumsi buah-buahan sebelum makan. Minum air putih, kata dia, sebaiknya juga sebelum makan.

Baca Juga :  Ini 4 Macam Efek Samping saat Uji Klinis Vaksin Covid-19

Ia juga menyarankan agar umat Islam makan berat di saat hormon lapar sedang tinggi, yakni pada pukul satu siang hingga empat sore. Ketika makan siang itu, kata dia, tidak dianjurkan juga sampai kekenyangan.

“Nabi mengajarkan tubuh itu 1/3 makanan, 1/3 minum, dan 1/3 lagi udara,” ujar penulis buku Jurus Sehat Rasulullah itu.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19, Tak Perlu Takut Kontrol ke Rumah Sakit

Ia menjelaskan, ketika tubuh tidak terlalu kenyang, akan menyebabkan lapar. Sedangkan lapar itu sendiri, sambung dia, merupakan waktu untuk melakukan detoksifikasi. “Karena proses detoks hanya bisa terjadi ketika lapar atau puasa,” ujar dia.

Zaidul juga menghimbau agar umat Islam untuk tidak mengkonsumsi mi instan. Sebab, sangat tidak sehat untuk tubuh. “Mi instan itu sebaiknya pilihan terakhir untuk yang dimakan,” katanya.

www.republika.co.id