loading...
Foto/Humas Polda

PURBALINGGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran melanda di perbukitan Desa Ponjen, Karanganyar, Purbalingga. Sejumlah anggota Polsek Karanganyar Polres Purbalingga dikerahkan membantu pemadaman, Rabu (18/9/2019).

Kapolsek Karanganyar Iptu Aan Hariyawan menyampaikan bahwa adanya informasi terjadi kebakaran hutan kita terjunkan anggota untuk membantu pemadaman. Anggota Polsek Karanganyar bergabung dengan tim dari BPBD, TNI, Polri, PMI, Masyarakat, Banser, Ubaloka dan petugas dari dinas terkait lainnya.

“Kita bantu pemadaman api dengan cara melokalisir dan memadamkan api menggunakan ranting pohon karena lokasi jauh dari sumber air. Dalam pelaksanaannya tim dibagi menjadi dua kelompok yaitu pemadaman di wilayah utara dan selatan,” jelasnya dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Baca Juga :  Ini 3 Komplotan Bandit Paling Meresahkan di Wilayah Kudus. Dibekuk Usai Menguras Banyak Rumah Warga

Ditambahkan kapolsek tidak diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Api membakar semak belukar yang ada di perbukitan komplek hutan Pinus. Dengan upaya yang sudah dilakukan, api berhasil dilokalisir.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Umar Fauzi menyampaikan api diketahui sekitar pukul 11.00 WIB.

Api membakar wilayah hutan Pinus di Desa Ponjen yang menjalar hingga petak 17e3 pada ketinggian 357 Dibawah Permukaan Laut (dpl). Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 8 hektare.

Baca Juga :  Kisah Ngenes Guru Honorer di Pekalongan Sudah Honornya Mepet, Parkir Motor Pun Diembat Maling

“Walaupun api sudah bisa dilokalisir namun kita masih siagakan anggota BPBD untuk melakukan pemantauan. Semoga api tidak meluas ke wilayah lainnya,” ujarnya. JSnews