JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Kuatkan Karakter, Universitas Terbuka Solo Gelar Seminar

Universitas Terbuka (UT) Solo menggelar seminar “Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Tinggi”, Kamis (26/9/2019), di Hotel Aston. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Terbuka (UT) Solo menggelar seminar “Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Tinggi”, Kamis (26/9/2019), di Hotel Aston. Seminar yang diadakan dalam rangka memperingati dies natalis UT ke-35 tersebut menghadirkan dua orang narasumber yaitu Rektor UT periode 2009-2017, Prof Tian Belawati dan Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Amin Abdullah.

Menurut Direktur UT Solo, Yulia Budiwati, selain untuk memperkuat karakter pendidikan, seminar sekaligus untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan-permasalahan pendidikan yang muncul selama ini.

Baca Juga :  Turunan Sumpah Pemuda Mojosongo Solo Jadi Jalur Maut, Begini Imbauan Kasatlantas Agar Kejadian Tak Terulang

“Melalui ini mudah-mudahan apa yang menjadi keprihatinan kita terhadap menurunkan pendidikan karakter bisa direnungkan bersama secara sinergi. Dan bisa menemukan rumus untuk jalan keluarnya,” urainya.

Sementara itu, narasumber seminar, Prof Tian menegaskan tentang pentingnya literasi teknologi, sosial, dan kemanusiaan dalam merespon perkembangan teknologi dan menguatan karakter individu.

“Literasi penting mengingat kehidupan manusia selalu bersinggungan dengan perkembangan teknologi sejak duli. Bagaimanapun juga perkembangan teknologi mampu memberikan dampak kepada kehidupan manusia,” terangnya.

Baca Juga :  Kota Solo Bakal Terapkan ETLE, Tilang Kendaraan Bermotor Dilakukan Secara Elektronik

Diimbuhkan Prof Amin, pendidikan agama merupakan salah satu pendidikan yang harus berbenah dalam menjawab perkembangan zaman.

“Pendidikan agama harus mau bersahabat dengan disiplin ilmu lain dalam memperkuat karakter di era disrupsi seperti saat ini. Pendidikan itu menjadi satu diantara usaha dalam membenahi moral dan spiritualistas yang mulai melemah. sekarang ini,” tukasnya. Triawati PP