JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Malam Satu Suro, Pusaka Keramat di Batang Dijamas dan Dikirab. Bupati Wihaji Tegaskan Bukan Syirik!

Foto/Humas Polda
ย ย ย 
Foto/Humas Polda

BATANG, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Ratusan budayawan Batang melaksanakan ritual penjamasan pusaka kebesaran Pemkab Batang, penjamasan tersebut sebagai tradisi masyarakat Jawa di malam satu suro yang bertepatan pula dengan bulan Muharam atau Tahun Baru Islam 2019 Sabtu (31/8/19) malam.

Sebelum penjamasan Tombak Abirawa yang merupakan pusaka kebesaran yang berjumlah 7 pusaka utama, puluhan keris dikirab sejauh 3 km mengelilingi Pendopo Kabupaten Batang menuju Jl. Kartini โ€“ Jl Brigjen Katamso โ€“ Jl. Brigjen Katamso, Jl Kh Ahmad Dahlan โ€“ Jl. Ahmad Yani dan finis di Pendopo Pemkab.

Bupati Batang Wihaji yang memimpin jalannya ritual tersebut mengatakan, kegiatan penjamasan pusaka merupakan nguri โ€“ uri tradisi jawa agar tetap lestari, serta memperkenalkan pusaka yang dimiliki pemkab kepada masyarakat.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Cafรฉ di Semarang Diringkus Polisi

โ€œPenjamasan merupakan budaya jawa yang harus dilestarikan. Bukan syirik tapi untuk untuk mempromosikan khasanah wisata budaya yang ada di Batang,โ€ jelasnya dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Ia juga mengatakan kirab budaya ini merupakan kampaye kita terhadap budaya yang kita kemas menarik yang masuk dalam kalender wisata Kabupaten Batang. Untuk menyongsong visit Batang 2022 dengan tagline heaven of Asia.

โ€œSejarah Pusaka Tombak Abirawa merupakan pusaka kebesaran yang pada zamanya, mampu mengatasi segala permasalahan dalam mbabat Kabupaten Bayang,โ€ kata Wihaji.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

Diceritakan pula oleh Wihaji bahwa pusaka tersebut asal usulnya dari Kabupaten Lamongan Jawa Timur, tombak ini merupakan peninggalan pendiri Kabupaten Batang yaitu, Kanjeng Sunan Raden Sayid Nur Rochma.

โ€œKirab ini memiliki filosofi agar generasi penerus tetap memperjuangkan Kabupaten agar lebih sejahtera tetap melayani masyaratkanya dengan Ikhlas dan prima,โ€ jelas Wihaji.

Prosesi upacara kirab pusak dan ritual penjamasan dipimpin oleh Bupati Wihaji yang dihadiri oleh Wakapolres Kompol Hartono, Kasdim 0736 Batang Mayor Inf. Raji serta kepala OPD.

Adapun kirab juga diikuti oleh komunitas Tosan Aji, ASN di Lingkungan Pemkab Batang dan Pelajar. JSnews

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com