JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Peringati WCD, Warga Bersih-bersih Kali Gajah, Solo

Dok Bank Sampah Gajah Putih

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka Hari Memungut Sampah Sedunia atau World Cleanup Day (WCD), warga RT 3/RW 9, Kelurahan Karangasem, Kota Surakarta bersama aparat setempat menggelar kegiatan resik-resik Kali Gajah, Minggu (29/9/2019).

Resik-resik kali tersebut dilakukan pada ruas Kali Gajah sepanjang 150 meter. Kegiatan yang dilakukan di sungai yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar itu berlangsung dengan meriah.

Pasalnya, cukup banyak elemen masyarakat dan pemerintah terlibat di dalamnya. Di antaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta, Saka Kalpataru, Babinsa Laweyan serta Linmas Kelurahan Karangasem.

Baca Juga :  Jika Pilkada Sesuai Jadwal, Wakil Sekretaris DPW PPP Jateng Berharap Coblosan Dilakukan COD, Begini Penjelasannya

“Ini yang membuat warga RT 3/RW 9 Kelurahan Karangasem rela ikut serta nyengkuyung aktivitas bersih-bersih sungai ini dari sampah,” ujar  Widodo, Ketua Bank Sampah Gajah Putih RT 3/RW 9, Kelurahan Karangasem.

Sementara itu, Ketua RT 3/RW 9 Kelurahan Karangasem, Sri Sudarini mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan agar lingkungan terjaga kebersihannya dari sampah.

Ia melanjutkan, kawasan Kali Gajah tersebut selama ini merupakan ruang terbuka hijau yang sering digunakan untuk aktivitas warga kampung.

Baca Juga :  Optimistis Menangkan Pilkada Solo, Bajo Berharap Dapat Nomor Urut 1. Ini Alasannya....
Dok Bank Sampah Gajah Putih

Karena itulah, ujar Sri Sudarini, kawasan tersebut perlu dijaga kebersihannya. Baik kebersihan di lingkungan taman maupun sungainya.

Harapan ke depan, lanjut Sri Sudarini, kegiatan tersebut bisa menginspirasi warga setempat untuk selalu menjaga kebersihan. Ia berharap kegiatan itu tidak berhenti sebatas pada gebyar saja, namun dapat dijadikan sikap dan perilaku warga.

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk memotivasi warga agar peduli terhadap  lingkungan. Di samping itu juga untuk memupuk sifat dan sikap kegotongroyongan di antara warga,” ujarnya. suhamdani