JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sebanyak 57 Anggota DPR Terpilih dari PDIP Tak Lapor LHKPN, Ini Kata Hasto

Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 57 anggota DPR RI terpilih dari partai belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPU.

PDIP paling banyak memiliki anggota DPR terpilih 2019-2024 yang belum setor LHKPN.

Jika sakpai dengan 7 September 2019 tetap membandel, mereka tak akan dilantik sebagai anggota Dewan oleh Presiden Jokowi.

“Memang ada sedikit miskomunikasi. Karena melaporkan itu (LHKPN) sudah dilakukan di KPK, hanya (laporan) ke KPU yang belum dilakukan,” kata
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto, Sabtu (31/8/2019).

Baca Juga :  Pemerintah Sediakan 1.500 Kamar Hotel untuk 3.000 Pasien Covid-19

Dari total 128 anggota DOR terpilih dari PDIP baru 55 persen(71 orang)  yang telah menyerahkan LHKPN ke KPU. Di bawah PDIP ada Partai Gerindra yang memiliki 15 anggota yang belum melapor dari total 63 kader yang lolos ke Senayan.

Hasto Kristiyanto menjanjikan mengecek para kader PDIP itu untuk memastikan mereka memenuhi syarat yang diajukan oleh KPU untuk mengikuti pelantkan.

Baca Juga :  KPK Bakal Ungkap Nama Lain di Kasus Joko Tjandra dan Jaksa Pinangki

“Bagi mereka yang memang tidak melaporkan di KPK, kami akan memberikan teguran. Karena ini tanggung jawab bagi anggota legislatif terpilih.”

Komisioner KPU Ilham Saputra mengingatkan bahwa LHKPN salah satu syarat agar anggota legislatif dapat dilantik oleh presiden.

“Jika sampai 7 September tidak menyerahkan, maka kami tidak memberikan nama yang bersangkutan untuk dilantik oleh presiden,” ucap lham.

www.tempo.co

Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan) / tempo.co