loading...
Loading...
Tim relawan saat memadamkan sisa api yang membakar lereng Gunung Lawu. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran yang melanda kawasan hutan di Lereng Lawu Karanganyar akhirnya berhasil dipadamkan. Sebanyak 500 personel gabungan dari berbagai unsur sudah ditarik dari lokasi kebakaran.

Camat Tawangmangu, Rusdiyanto mengungkapkan api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.50 WIB, Kamis (24/10/2019).

Awalnya sekitar pukul 21.00 WIB,  tim masih berjibaku menyisir sisa-sisa titik api. Kemudian pemadaman berlanjut sampai dinihari hingga titik api berhasil dituntaskan pagi dinihari.

“Alhamdullillah sudah berhasil dipadamkan tadi pagi pukul 04.50 WIB. Berkat upaya semua elemen, kebakaran dan titik api sudah berhasil dipadamkan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Sabtu (26/10/2019).

Rusdiyanto menguraikan, proses pemadaman melibatkan hampir 500 orang. Mereka berasal dari unsur TNI Polri, relawan, BPBD dan masyarakat.

Pemadaman berlangsung beberapa hari sejak munculnya titik api pada Senin (21/10/2019).

Sebelumnya data yang dihimpun,  kobaran api terdeteksi kawasan hutan di bukit Dusun Plalar, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu.

Baca Juga :  Hadapi Sidang Korupsi DD dan PTSL Rp 1,2 M, Kejaksaan Karanganyar Siapkan 40 Saksi. Salah Satunya Pak Camat 

Luas hutan yang sudah dijamah kobaran api mencapai 20 hektare. Titik api terdeteksi di Petak 63B Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tambak Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara.

Kobaran terus meluas sejak awal pertama diketahui Senin (21/10/2019) malam sekira pukul 21.30 WIB.

Wakil Administratur Perum Perhutani KPH Surakarta, Muhammad Farkhan Masykur menyampaikan, angin kencang dan medan terjal serta tebing menjadi kendala dalam proses pemadaman.

“Sementara sekitar 20 hektare yang terbakar. Ini masih menyala. Pemadamannya, kami bikin ilaran untuk menyekat api agar tidak melebar dan merambat lagi,” paparnya kepada wartawan Kamis (24/10/2019).

Kebakaran di Plalar Tawangmangu, bahkan diperkirakan mengarah ke Wana Wisata Pringgodani.

Selain di Plalar, kebakaran juga melanda hutan di Desa Anggrasmanis Kecamatan Jenawi pada Senin (21/10/2019) pukul 10.00 WIB.

Kebakaran di Petak 63a-1 RPH Nglerak BKPH Lawu Utara itu menghanguskan lahan seluas 10 hektare.

Baca Juga :  Resmikan UPK, Bupati Karanganyar Akui Angka Kemiskinan Masih 80.000 Jiwa. Ini Kriteria Pendapatan Minimal Yang Bisa Disebut Miskin! 

“Sebagai antisipasi, kami membuat ilaran supaya tidak menjalar. Saat ini relawan masih menyisir titik asap. Kebakaran itu mengarah ke Pos 2 jalur pendakian Candi Cetho,” terangnya.

Selanjutnya, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Utara, Widodo menyampaikan, para petugas dan relawan sudah melakukan pemadaman di Plalar Tawangmangu pada ketinggian 1.754 mdpl.

Mengingat medan yang berbukit dan terjal, upaya pemadaman tidak bisa dilakukan hingga malam. Wardoyo

 

Loading...