JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bukit Randu Kuning dan Tuk Alang-alang di Geritan Desa Jendi Selogiri Terbakar. Warga Petugas dan Relawan Lakukan Pemotongan Jalur Api

Kebakaran di Dusun Geritan Desa Jendi Selogiri. Dok. Polres Wonogiri
Kebakaran di Dusun Geritan Desa Jendi Selogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) belum juga beringsut dari wilayah Wonogiri. Yang terbaru melanda dua bukit di Kecamatan Selogiri.

Kasubbag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, Jumat (25/10/2019) menjelaskan, karhutla terjadi Kamis, (24/10) diketahui sekitar pukul 17.00 WIB. Lokasi kejadian di hutan milik rakyat di Bukit Randu Kuning dan Bukit Tuk Alang Alang.

“Tepatnya berada di Dusun Geritan RT 4 RW 5 Desa Jendi Kecamatan Selogiri,” kata dia.

Baca Juga :  Staf KPU Wonogiri Meninggal di Hotel Solo, Begini Keterangan Toto Sihsetyo Adi

Awalnya, ada warga yang berada di sekitar rumah melihat kepulan asap dan langit yang merah membara di sekitar areal Bukit Randu Kuning dan Bukit Tuk Alang Alang. Dia lalu memberitahukan warga lainnya yang saat itu akan melaksanakan serta menghubungi Damkar Wonogiri dan Polsek Selogiri.

Warga bersama petugas dan relawan berupaya memadamkan api secara manual. Dengan cara memotong alur api dengan di gepyok agar tidak merembet ke pemukiman warga. Mengingat lokasi kebakaran berjarak sekitar 300 meter dari pemukiman.

Baca Juga :  Begini Skenario Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Alias Offline Tingkat SMA Maupun SMK di Wonogiri, Khusus Kota Mete Ada 2 Sekolah yang Siap, SMKN 2 dan SMAN 2

“Sampai dengan pukul 23.00 WIB. api sudah padam, namun warga dan relawan masih berjaga jaga di sekitar Dusun Geritan, Jendi,” sebut dia.

Tidak terdapat korban jiwa dalam kebakaran itu. Luas lahan yang terbakar sekitar 8 hektare. Pemicu api diduga akibat cuaca cukup panas dan puntung rokok saat warga melakukan aktifitas di siang hari dengan tidak sengaja. Aria