loading...
Loading...
Kapolsek Sidoharjo, Iptu Zainal Arifin bersama personel dan relawan Poldes saat membantu pemadaman kebakaran di kompleks eks pabrik Tiga Santoso Purwosuman, Sidoharjo, Sragen, Minggu (5/10/2019) pagi. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Musibah kebakaran pabrik kembali terjadi di Sragen. Sabtu (5/10/2019) pagi, aparat kembali disibukkan dengan kebakaran yang melanda kompleks bangunan eks Pabrik Tiga Santoso.

Kompleks pabrik di Purwosuman, Sidoharjo yang pagi itu tengah dilakukan pekerjaan proyek, mendadak digegerkan dengan kepulan asap dan kobaran api.

Api diduga berasal dari percikan las pekerja proyek yang tengah bekerja di bangunan bekas pabrik Santoso itu.

Kobaran api sempat membakar semak-semak kering di dalam kompleks bangunan sehingga membuat pekerja panik dan berhamburan.

Data yang dihimpun di lokasi, tim Polsek Sidoharjo langsung bergerak ke lokasi kejadian. Bahkan Kapolsek Sidoharjo, Iptu Zainal Arifin terjun langsung membawa semua personelnya.

Tak lama berselang, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba dan membantu pemadaman.

Kebakaran sendiri terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Kapolsek Iptu Zainal Arifin mengatakan yang terbakar adalah semak-semak kering di dalam gedung eks pabrik Santoso.

Baca Juga :  Tewaskan Satu Warga, 70 Sarang Tawon Vespa di Sragen Dimusnahkan. Dua Warga Sempat Tersengat, Satu Dilarikan ke Rumah Sakit

“Pabrik sudah tidak beroperasi. Tapi di dalam ada pekerja yang tengah motong besi pakai las. Nah kemungkinan percikan las mengenai rumput dan semak kering, sehingga langsung timbul kobaran api,” papar Iptu Zainal ditemui di lokasi kejadian.

Tim gabungan dari Polsek, Damkar, Poldes saat membantu pemadaman api. Foto/Wardoyo

Menurutnya, api dengan cepat berhasil dilokalisir sehingga tak sampai merembet ke bangunan. Meski demikian, insiden sempat membuat belasan pekerja di kompleks itu panik.

“Tadi sampai sini, api sudah hampir padam. Dua mobil pemadam juga tiba. Kami juga sempat kaget karena info awalnya kebakaran pabrik. Bayangan kami pabrik yang masih beroperasi sehingga semua personel kami terjunkan. Alhamdulillah sudah bisa dipadamkan dan tak sampai merembet ke bangunan,” tukas Kapolsek.

Baca Juga :  Innalillahi, Petani di Sidoharjo Sragen Ditemukan Tewas Mengenaskan Kesetrum Pompa Air. Saat Ditemukan Dalam Kondisi Terduduk

Ia mengimbau agar masyarakat waspada dalam situasi kemarau seperti ini. Termasuk para pekerja las juga harus hati-hati jika bekerja di lokasi yang ada semak kering atau bahan mudah terbakar.

“Kalau mau ngelas, pastikan lokasi sekitar bersih dulu. Karena percikan las bisa memicu api,” tukasnya.

Proses pemadaman juga melibatkan relawan dari SAR Poldes Masaran dan beberapa relawan lainnya. Wardoyo

 

Loading...