JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Geger, Warga Dayeuhkolot Bandung Kehilangan Uang Secara Misterius, Diduga Dicuri Tuyul. Pengurus RW Beri Peringatan Sang Pemilik

madu borneo
madu borneo
madu borneo

Geger dugaan mahluk halus Tuyul beroperasi di RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. kolase tribun jabar

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung diresahkan oleh hilangnya uang secara misterius. Warga menduga hilangnya uang tersebut karena makhluk halus tuyul.

Banyak warga yang melapor kepada pengurus RW 03 Kampung Cilisung kehilangan uang secara misterus.

Karena banyak yang kehilangan uang secara tiba-tiba, janggal, dan misterius, warga dan pengurus RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung pun menuga hal itu karena ulah si Tuyul.

Dalam cerita-cerita di masyarakat, Tuyul diyakini sebagai mahluk halus bertubuh mungil, tak kasat mata, sukanya mencuri uang.

Kesimpulan banyak warga kehilangan uang karena ulah Tuyul pun dibarengi dengan tindakan nyata pengurus RW 03 Kampung Cilisung.

Pengurus RW 03 Kampung Cilisung menempel surat pemberitahuan kepada pemilik Tuyul di RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/10/2019).

Pengurus RW 03 Kampung Cilisung meminta kepada pemilik Tuyul untuk tidak beroperasi di wilayahnya.

Warga Lapor Hilang Uang

Warga kerap kehilangan uang di rumahnya secara tiba-tiba, janggal, dan misterius.

Karena warga kehilangan uang secara misterius, sehingga warga mengira hal tersebut ulah Tuyul.

“Iya sudah ada tiga orang warga yang melapor kepada saya mereka kehilangan uang secara misterius,” ujar Ketua RW 03, Eka Kandawira di kediamannya, tadi siang.

Baca Juga :  Sesalkan Ancaman DO pada Siswa yang Ikut Demo, KPAI: Jangan Hilangkan Hak Pendidikan Anak!

Adapun para pelapor tersebut atas nama Ully Sutarman, Dani, dan Titin Rosmayanti, yang merupakan warga RW 03.

Menurutnya rata-rata warga mengaku kehilangan uang mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu saja, tidak dalam jumlah yang sangat banyak.

“Jadi hilangnya itu tidak semuanya, hanya Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribuan. Jadi tidak diambil semuanya dan kejadiannya suka di malam hari,” katanya.

IMBAUAN TUYUL — Selebaran imbauan warga terkait aksi tuyul yang ditempel ditembok gapura di Kampung Ciseupan, Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Rabu (10/8/2016). (TRIBUN JABAR / DONY INDRA RAMADAN)

Menurutnya warga mengambil kesimpulan ada warga yang memelihara Tuyul dan mahluk sejenisnya yang kerap mengambil uang-uang warga.

Karena banyak warga yang sering kehilangan uang secara misterius tanpa diketahui pelakunya.

“Iya mungkin ada warga sini yang begitu (memelihara tuyul), makanya kami membuat pengumuman itu agar tidak berkeliaran di sini,” ungkapnya.

Baik Eka maupun pelapor sendiri mengaku belum melihat atau tanda-tanda yang lebih spesifik terkait keberadaan Tuyul tersebut.

Namun karena mendapat keluhan dari warga yang mengaku kerap kehilangan uang tersebut, akhirnya pihak RW merespons dengan membuat pengumuman tersebut.

“Anggapan saja, kalau melihat langsung atau tanda-tandahya juga tidak ada, cuma banyak laporan dari mulut ke mulut. Kejadiannya sudah lama cuma warga menganggapnya biasa aja, dan baru sekarang ramenya,” pungkasnya.

Minta Tuyul Pensiun

Lucu. Postingan pemberitahuan kepada orang yang memelihara tuyul agar tidak beroperasi di lingkungan warga heboh di media sosial, Sabtu (05/10/2019).

Baca Juga :  Diundang Ikut Bahas Aturan Turunan UU Cipta Kerja, KSPI Menolak

Pengumuman tersebut muncul setelah banyaknya warga yang merasa kehilangan uang secara misterius.

Warga menduga karena ada pemelihara tuyul dan beroperasi di sana.

Menurut pantauan Tribun pengumuman-pengumuman waspada tuyul beroperasi tersebut ditempel di lingkungan RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Pengumuman yang dibuat dan ditandatangani oleh Ketua RW dan korban itu ditempel di rumah-rumah warga.

Salah satu pengumuman tersebut ditempel di depan Bale RW 03 Kampung Cilisung.

Pengumuman tersebut menerangkan sudah tiga bulan terakhir warga RW 03 kerap mengeluh kehilangan uang secara tidak wajar atau misterius kepada pengurus RW 03, terutama di malam hari.

“Untuk itu mulai sekarang kepada yang merasa memelihara tuyul dan sejenisnya, sejak dibuatnya surat ini untuk tidak beroperasi di lingkungan RW 03. Ingat QS (Quran Surat), An Nisa: 48,” tulisan pengumuman tersebut.

Pengumuman tersebut dibuat dan ditandatangani serta dicap langsung oleh Ketua RW 03 Eka Kandawira dan pelapor atau korban atas nama Ully Sutarman.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Geger Tuyul di Dayeuhkolot Bandung, Uang Hilang Misterius, Pengurus RW Beri Peringatan Sang Pemilik, Artikel Asli