JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Gembleng Jiwa Kepemimpinan, SMPN 8 Surakarta Gelar LDK

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – SMP Negeri 8 Surakarta menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diikuti oleh 40 orang siswa pengurus OSIS tahun pelajaran 2019/2020.

LDK yang bertujuan untuk mencetak siswa-siswi SMP Negeri 8 Surakarta yang berkarakter tersebut dipimpin langsung oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, SPd, MPd.

“LDK tersebut dilakukan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan kepada pengurus OSIS,” jelas Waka Humas SMPN 8 Surakarta, Sri Suprapti dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Kegiatan tersebut dilakukan di aula sekolah setempat, Sabtu (19/10/2019) dan Minggu (20/10/2019).

Baca Juga :  Ada Pedagang Meninggal Karena Covid-19, Pasar Harjodaksino Ditutup Lagi, Total Kasus Positif di Solo 1.079 Orang

Dalam sambutannya, Triad Suparman MPd berharap para siswa yang ikut dalam LDK tersebut bisa menjadi contoh bagi siswa lainnya.

“LDK penting untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan,” ujarnya.

Dok SMPN 8 Surakarta

Triad Suparman sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan tersebut. Sebab dengan melalui kegiatan seperti itu, siswa akan lebih termotivasi mengembangkan potensi sosial mereka.

Selain itu bahwa kegiatan ini merupakan dasar dan pondasi awal bagi mereka untuk belajar memimpin dan dipimpin.

Kegiatan LDK dipandu Waka Kesiswaan, Wahyu Prihatin Sayekti SPd didampingi beberapa pembina pendamping. Antara lain, Nur Barokah, S PdI, Radi Yatmoko, SPdK, F Nita urwaningsih, Sag dan lain-lian.

Baca Juga :  Mahasiswa PR Asmi Santa Maria Yogyakarta Gelar Pameran Fotografi di Kulonprogo

Berbagai materi kepemimpinan diberikan, mencakup pembentukan mental maupun kecakapan fisik. Jenis kegiatannya antara lain materi inti kepemimpinan, materi kesiswaan, dasar-dasar kepemimpinan, perumusan perencanaan program kegiatan masing- masing Sekbid (kerja kelompok), PBB dan TUB.

“LDK ini bertujuan untuk membentuk kader-kader kepemimpinan yang berkarakter, religius, nasionalis, berintegritas, mandiri dan bergotong royong. Ini antara lain yang merupakan modal dasar yang harus dikuasai dan dipahami oleh setiap peserta LDK,” tutur Wahyu Prihatin S SPd.  suhamdani