loading...
Komite Pemilihan PSSI mengumumkan 10 nama calon ketua umum yang lolos verifikasi di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2019. Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komite Pemilihan PSSI telah menetapkan 10 calon Ketua Umum PSSI. Selain itu Komite Pemilihan PSSI juga mengumumkan para kandidat yang mencalonkan diri menjadi anggota Komite Eksekutif PSSI.

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Syarif Bastaman, menuturkan selain calon Ketua Umum PSSI, sejumlah nama juga ikut meramaikan bursa pemilihan wakil ketua umum yang sudah ditutup pada 3 Oktober 2019. Syarif menyebut nama yang sudah diumumkan ke publik sudah lolos verifikasi. “Calon-calon ini kami bisa sampaikan calon ketua umum ada 10 orang,” kata Syarif di Kantor PSSI, Gedung FX Sudirman, Jakarta, Jumat, (4/10/2019).

Menurut dia, para calon berasal dari latar belakang yang beragam. “Ada yang murni dari sepakbola, orang yang bergiat di klub sepakbola maupun di lingkup PSSI. Dan banyak juga para politikus,” ujar Syarif.

Berikut Profil 10 Calon Ketua Umum PSSI

1. Arif Putra Wicaksono
Arif Putra Wicaksono merupakan pemilik dari Nine Sport. Perusahaan ini dikenal sebagai promotor acara olahraga di Indonesia termasuk sepakbola. Sepak terjang Nine Sport yakni mendatangkan klub Eropa, Ajax Amsterdam, AS Roma, Juventus, Sevilla hingga Hamburger SV untuk tampil di Indonesia. Arif Putra Wicaksono juga pernah maju sebagai bakal calon Ketua Umum PSSI di periode 2016-2020.

2. Aven S. Hinelo
Aven S. Hinelo merupakan pemilik Event Organizer (EO) bernama CV Kreasindo Production. Pada tahun 2015, Aven pernah mendaftar sebagai calon anggota Exco PSSI periode 2015-2019.

Baca Juga :  Ini Contoh-contoh Ucapan Hari Raya Nyepi 2020, Cocok untuk Status Medsos dan Dikirim Via WhatsApp

3. Bernhard Limbong
Bernhard Limbong merupakan purnawirawan militer Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal. Ia merupakan mantan anggota Exco PSSI periode 2007-2011 dan sempat menjadi anggota Tim Satgas Anti Suap PSSI pada 2012. Pria kelahiran 23 Mei 1955 ini juga masuk ke dalam bursa pencalonan Ketua Umum PSSI periode 2015-2019.

4. Fary Djemi Francis
Fary Djemy Francis merupakan politikus Partai Gerindra. Ia menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur II. Pada 2018, ia ditunjuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai Manager Timnas Pelajar U-16 Indonesia untuk mengikuti Turnamen Gothia Cup di Cina.

5. La Nyalla Mattalitti
La Nyalla Mahmud Mattaliti pernah menjadi Ketua Umum PSSI. Namun masa kepemimpinan berjalan singkat, yakni hanya setahun, periode 2015-2016. Saat ini, dirinya menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2019-2024.

6. Mochamad Iriawan
Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini merupakan petinggi Kepolisian Republik Indonesia berpangkat Komisaris Jenderal. Saat ini ia menjabat Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iwan juga pernah menjadi Kapolda Metro Jaya dan Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga :  Salat di Rumah Saat Ada Wabah Penyakit, Bagaimana Pahalanya?

7. Rahim Soekasah
Rahim sempat menduduki jabatan strategis sebagai Manajer Timnas Indonesia U-23 pada 2006 dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) pada 2009. Ia pernah lama berstatus sebagai Manajer Pelita Jaya. Klub itu kini telah berganti nama menjadi Madura United. Saat ini Rahim merupakan petinggi klub Australia, Brisbane Roar.

8. Sarman El HakimSarman merupakan pentolan dari Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI). Ia juga menjadi calon Ketua Umum PSSI periode 2016-2020.

9. Vijaya Fitriyasa
Vijaya merupakan pemilik klub Persis Solo. Vijaya yang merupakan pengusaha bidang minyak dan gas (migas) juga memiliki klub yang tercatat sebagai anggota Asprov PSSI DKI Jakarta. Klub itu bernama Jakarta United Football Club (JUFC) yang pada 2018 berlaga di Liga 3 Indonesia zona DKI.

10. Yesayas Oktavianus
Yesayaz dikenal sebaga wartawan olahraga senior. Ia sudah meliput sepak bola nasional sejak era 1980an.

www.tempo.co