JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Rekrutmen Panwascam dan PPL di Sragen Segera Dibuka. Simak Persyaratan dan Besaran Gajinya!

Dwi Budhi Prasetya. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Dwi Budhi Prasetya. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bawaslu Sragen memastikan bakal segera menggelar rekrutmen petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) untuk Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budhi Prasetya mengatakan berdasarkan jadwal yang dirancang oleh Bawaslu, rekrutmen Panwascam diagendakan mulai dibuka pertengahan bulan depan atau bulan november 2019.

Untuk Panwascam, masing-masing kecamatan akan dibutuhkan tiga personel sehingga total akan membutuhkan 60 personel Panwascam di 20 kecamatan.

“Rencana kami, pendaftaran rekrutmen Panwascam dibuka pertengahan November. Karena akhir Desember harus sudah dilantik,” paparnya, Rabu (16/10/2019).

Baca Juga :  Di Hadapan Pengurus 10 Perguruan Silat di Sragen, Danrem 074 Surakarta Ternyata Akui Bangga Melihat Pesilat. Ungkap Dirinya Juga Pernah Ikut Perguruan Silat Ini!

Budhi menjelaskan untuk rekrutmen PPL akan digelar setelah selesai rekrutmen Panwascam. Diperkirakan rekrutmen PPL akan mulai dibuka.

Kuota yang dibutuhkan adalah masing-masing desa akan membutuhkan satu PPL. Sehingga total akan dibutuhkan 208 petugas PPL.

Lebih lanjut disampaikan untuk besaran gaji Panwascam, Budhi mengatakan untuk ketua honornya sebesar Rp 1,250 juta sama dengan honor PPK. Sedangkan anggota masing-masing Rp 1 juta. Sementara untuk PPL, honornya diplot sebesar Rp 700.000an.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Kadipiro Solo Seorang Warga Sragen Tewas, Sopir Diduga Tak Sadar Truknya Kesenggol, Ini Kronologi Versi Polisi

Perihal persyaratan secara umum, ia menjelaskan untuk Panwascam minimal berusia 25 tahun dan minimal lulusan SMA sederajat.

Lantas persyaratan wajib lainnya di antaranya KTP, SKCK, surat keterangan bebas jasmani rohani, surat keterangan bebas narkoba dan lainnya.

“Persyaratan yang penting lainnya adalah tidak terlibat partai politik. Kalau persyaratan lainnya normatif seperti setia pada Pancasila dan sebagainya,” tukasnya. Wardoyo