JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Marsudirini Raih Juara I Lomba PHBS

loading...
Loading...
Tim juri tengah menilai UKS di SD Marsudirini, Surakarta / Joglosemarnews

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – SD Marsudirini Surakarta berhasil menyisihkan rival-rivalnya dan meraih Juara I dalamlomba PHBS tingkat Kecamatan Pasar Kliwon.

Dengan demikian, sekolah yang beralamat di Jalan Sugiyopranoto No. 2 tersebut berhak menerima trophi dan uang pembinaan senilai Rp 1. 250.000.

Sementara itu, Juara II diraih oleh SDN Sampangan dan Juara III disabet SD Muhamamadiyah 2 Kauman.  oleh prestasi tersebut, masing-masing, SD Sampangan mendapatkan trophi dan uang pembinaan Rp 1.000.000 dan SD Muhammadiyah 2 Kauman menerima trophi serta uang pembinaan Rp  750.000.

Kejuaraan tersebut diperoleh setelah tim juri melakukan penilaian langsung ke sekolah-sekolah peserta pada tanggal 25 September 2019 lalu. Juri menilai dari sisi administrasi maupun kondisi fisik di lapangan.

Kepala SD Marsudirini Surakarta, Fransisca Romana Srilani, S.Pd kepada Joglosemarnews mengatakan, sebelum tim juri yang terdiri dari lima orang melakukan penilaian, pihak sekolah diwajibkan membuat profil PHBS.

Baca Juga :  CATAT! Kini Masyarakat Dilarang Saksikan Naik Turun Pesawat di Sebelah Barat Bandara Adi Soemarmo

“Dan profil itu sudah harus dikumpulkan sebelum tanggal 17 September 2019,” ujarnya.

Menurut Srilani, lomba PHBS tersebut diikuti oleh 18 sekolah dasar yang berada dalam binaan Puskesmas Gajahan di Wilayah  Kecamatan Pasar Kliwon.

Lebih lanjut, Srilani mengatakan, kemenangan itu berkat kerja sama yang baik antara seluruh civitas sekolah, termasuk kerja sama dengan komite sekolah yang baik.

Dia berharap dengan kemenangan tesebut semakin memotivasi seluruh warga sekolah bersama orangtua murid untuk dapat bekerja sama lagi dalam mewujudkan perilaku hidup bersih di manapun berada.

“Terkhusus di sekolah, sebagai upaya pembelajaran bagi anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komite SD Marsudirini Surakarta, Maria Irena Hendriyanti, SS mengatakan komite selaku partner sekolah sangat mendukung terciptanya PHBS di lingkungan sekolah.

Baca Juga :  UMS Jadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2019 Versi 4icu

“Karenanya kami memberikan masukan-masukan kepada sekolah dan juga membantu sekolah menyelenggarakan kegiatan-kegiayan terkait PHBS,” ujarnya.

Menurutnya, anak-anak berada di sekolah 4-7 jam dari Senin hingga Sabtu. Diharapkan PHBS di sekolah dapat dilanjutkan di rumah, sehingga berkesinambungan.

“Saya berharap anak-anak mampu berperilaku hidup bersih dan sehat di manapun mereka berada, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi sehat dan gemilang demi masa depan Indonesia,” ujarnya. suhamdani

Loading...