JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Tenaga Kependidikan UNS Raih Peringkat 1 Diklatpim IV Kemenristekdikti

madu borneo
madu borneo
madu borneo

Tenaga Kependidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Hermawan Rudhianto, SE,M.Si. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tenaga Kependidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Hermawan Rudhianto, SE,M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kepala Subbagian Anggaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Bagian Keuangan Kantor Pusat UNS berhasil meraih prestasi istimewa Peringkat 1 dalam Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV angkatan V tahun 2019. Diklat tersebut diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dari tanggal 25 Juni sampai dengan 19 Oktober 2019 di Tangerang Selatan.

Kepada wartawan, Hermawan Rudhianto atau yang akrab disapa Wawan ini mengatakan bahwa Diklatpim ini digelar selama empat bulan. Hanya saja memang tidak empat bulan berada disana, melainkan dua Minggu di Tangerang, kemudian 10 hari kembali ke UNS, kemudian 1,5 bulan di Tangerang dan dua bulan di UNS mengerjakan proyek perubahan.

“Jadi sistemnya on-off, meski off tapi harus mengerjakan Proyek Perubahan untuk kemudian dipresentasikan saat Diklatpim dan dinilai,” ujar Wawan, Kamis (24/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Wawan membuat Proyek Perubahan dengan judul “Otomasi Sistem Pencairan Anggaran Melalui Sistem Informasi Pembayaran dan Pelaporan (SIPP) di UNS”. Visi dan Misi UNS yang telah dijabarkan ke dalam 5 pilar utama dan diturunkan ke dalam 32 kegiatan, tentu harus didukung dengan pengelolaan keuangan yang cepat, tertib, transparan dan akuntabel.

Baca Juga :  Buruh, Mahasiswa, dan Warga Solo Deklarasi Sepakat Tolak Aksi Anarkis

“Salah satu tugas dan fungsi Sub Bagian Anggaran PNBP adalah melaksanakan urusan pembayaran. Sesuai dengan tugas dan fungsi tersebut, maka proyek perubahan yang saya usulkan adalah SIPP di UNS,” imbuh Wawan.

Wawan menambahkan bahwa tujuan jangka pendek dalam proyek perubahan ini yang pertama terwujudnya SIPP yang telah terkoneksi dengan salah satu bank mitra dari tiga bank yang menjadi mitra UNS dan yang kedua tersusunnya Buku Pedoman Penggunaan SIPP. Lalu output dari proyek perubahan yang telah dilaksanakan selama dua bulan adalah terwujudnya SIPP yang telah terkoneksi dengan dua bank mitra dari tiga yang ditargetkan dan telah tersusun Buku Panduan penggunaan SIPP. SIPP juga telah diimplementasikan terhadap satu bank yaitu BNI dan telah disempurnakan dan kedepan SIPP diharapkan dapat terkoneksi dan diimplementasikan dengan seluruh bank mitra dan dapat digunakan untuk transaksi sampai ditingkat fakultas atau unit kerja lain.

Baca Juga :  Dosen FH dan Pejabat LPPM Meninggal Positif Covid-19, Kampus UNS Ditutup selama Sepekan Mulai Besok

“Kesuksesan pelaksanaan proyek perubahan ini, tidak lepas dari dukungan penuh para stakeholder, baik stakeholder internal maupun eksternal. Dengan terwujudnya SIPP ini diharapkan akan mewujudkan tata kelola keuangan yang cepat bersih transparan dan akuntabel,” imbuh Wawan.

Wawan mengaku sangat bersyukur telah menyelesaikan Diklatpim Tingkat IV angkatan V tahun 2019 serta memperoleh peringkat 1. Diklatpim Tingkat IV angkatan V ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 33 pejabat eselon IV dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia serta 7 orang dari Kemenristekdikti. Dari 40 peserta Diklatpim ini, 16 orang memperoleh predikat lulus dengan predikat sangat memuaskan dan 24 orang lulus dengan predikat memuaskan. Dari 16 orang yang memperoleh predikat lulus dengan sangat memuaskan dipilih lima terbaik. “Lima terbaik ini, peringkat 1 diperoleh UNS yaitu saya, peringkat dua dari Universitas Tanjungpura Pontianak, peringkat 3 UGM, peringkat 4 dan 5 dari Kemenrintekdikti. Rasanya senang bisa mengharumkan nama UNS di Diklatpim Tingkat IV angkatan V tahun 2019,” ujar Wawan yang sudah mengabdi di UNS selama 17 tahun ini. Triawati PP