loading...
Foto/Humas Polda

CILACAP, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sat Reskrim Polres Cilacap berhasil menangkap SJR mantan kepala kantor pos Sidareja karena diduga menjadi pelaku pembobolan uang sejumlah 190 Juta.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto saat konferensi pers di Mapolres Cilacap pada hari Jumat (11/10/2019).

Lebih lajut Kapolres menjelaskan bahwa pelaku SJR (50) mantan kepala kantor Pos Sidareja Cilacap adalah warga Jalan Angsana Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.

“Dari tangan pelaku petugas berhasil menyita barang bukti hasil kejahatan berupa uang sejumlah 80 juta dari kerugian awal kantor pos adalah 190 Juta” ungkap Kapolres dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Dari keterangan pelaku bahwa uang hasil kejahatan sudah digunakan untuk membayar hutang hutang pelaku saat menjabat sebagai kepala kantor pos.

Baca Juga :  Di Batang, Gegara Corona Bupati dan Jajaran Muspida Pilih Gelar Rapat Koordinasi Sambil Berjemur. Ini Alasannya!

Sebagian lagi digunakan untuk keperluan pribadinya.

Sebagai mantan kepala kantor Pos, pelaku sudah tahu kondisi di TKP, jam berapa CCTV mati dan kapan kantor kosong serta lokasi penyimpanan uang.

“Pelaku masuk lewat pintu belakang dan memotong beberapa pintu besi dan membuka brangkas penyimpanan uang dengan kunci,“ tambah Kapolres.

Peristiwa tersebut diketahui pada hari Rabu Tanggal 04 September 2019 saat petugas Katro pos akan memulai kerja dan mengetahui pintu ruangan terbuka dan uang yang ada dalam brangkas hilang.

Dari hasil olah tkp dan pemeriksaan saksi serta ada jejak sidik jari pelaku yang masih tertinggal dilokasi kejadian petugas berhasil menangkap pelaku di rumahnya.

Baca Juga :  Kapolres Grobogan Pilih Gelar Rakor Sambil Berjemur di Luar Kantor. Sebut Kalau di Dalam Ruangan Virus Bisa Berputar-Putar

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

“Pelaku melakukanya sendirian pelaku sudah dikeluarkan dengan tidak hormat karena saat masih menjabat menggelapkan uang milik kantor, pelaku mengambil uang milik kantor pos untuk mengembalikan hutang saat masih menjabat sebagai kepala kantor pos” pungkas Kapolres. JSnews