JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ternyata Berbagai Jenis Ikan ini Baik untuk Pengobatan

Beberapa jenis ikan digunakan untuk pengobatan di abad 17 M. pexels
loading...
Beberapa jenis ikan digunakan untuk pengobatan di abad 17 M. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Ternyata di abad 17 M ada telah daging burung dan ikan itu disajikan sebagai obat.Seorang penulis asal Turki, Evliya Celebi mengungkapkan ada beberapa jenis daging burung dan ikan yang biasa diberikan kepada pasien di Rumah sakit Fatih Sultan Mehmet Han Mental dan di rumah sakit Bayezid di Edirne.

“Makanan lezat dari daging burung disediakan kepada pasien setiap dua kali sehari,” papar Prof Nil Sari, kepala Departemen Sejarah dan Etika Pengobatan dari Universitas Istanbul, Turki.

Tak hanya itu, jenis ikan, seperti goby, turbot, belut, gurame, bass laut, tombak, mullet merah, ikan laut plaice, ikan biru, ikan air tawar, picarel, mullet abu-abu, ikan lidah, two-banded air tawar, bonito, ikan mackerel dan trout.

Baca Juga :  Mobil Rentan Terkontaminasi Corona, Ini Bagian yang Wajib Dibersihkan

Jenis ikan yang paling baik untuk pengobatan adalah mullet merah, goby dan ikan kalajengking. “Ini semua tertuang dalam buku medis dalam era Peradaban Islam. Yakni tentang ikan merupakan makanan yang paling baik, di mana mereka menangkap, bagaimana memasak mereka, dan dengan makanan apa ikan harus dimakan atau tidak,” jelas Nil Sari.

Nil Sari menambahkan sejak ikan memiliki sifat dingin secara alami maka memiliki sifat tenang dengan humours panas dan dengan demikian memiliki efek bermanfaat dalam kasus penyakit alami panas. “Contoh, ikan baik untuk batuk kering, penyakit kuning, kelemahan, disentri dan fissurations. Telur ikan memperbaiki kejantanan dan baik untuk batuk dan disentri,” ujar Prof Nil Sari

Baca Juga :  Sikapi Wabah Covid-19 di Indonesia, Alodokter Rilis Layanan Digital Cek Mandiri Risiko Terkena Virus Corona

www.republika.co.id