loading...
Tim PMI Sragen saat memberikan pertolongan medis kepada petugas pemadam kebakaran yang mengalami sesak nafas saat memadamkan kebakaran pabrik mebel ekspor di Doyong, Miri, Sragen, Selasa (1/10/2019) malam ini. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak tiga petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Sragen terpaksa mendapatkan perawatan medis saat memadamkan kebakaran di pabrik mebel di Doyong, Miri, Sragen, Selasa (1/10/2019) malam.

Mereka mendadak mengalami lemas dan sesak nafas akibat terpapar asap berjam-jam sejak petang hingga malam hari.

“Ada tiga petugas Damkar yang terpaksa kami lakukan evakuasi dan beri perawatan medis karena mengalami sesak nafas. Mereka mengeluh lemas dan sesak karena sejak petang berjibaku memadamkan api dan terpapar asap,” papar Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (1/10/2019) malam.

Namun, ia tak sempat mendata identitas ketiga petugas Damkar tersebut. Situasi lokasi kebakaran yang masih belum padam, membuat fokus semua petugas maaih berkonsentrasi memadamkan kobaran api.

“Awalnya tadi sekira pukul 21.00 WIB, ada satu petugas yang mendadak sesak nafas. Setelah itu bertambah dua petugas lagi. Namun setelah mendapat penanganan dari tim medis, mereka sudah membaik,” terangnya.

Baca Juga :  Begini Penampakan Sumur Tua di Bonagung Sragen Yang Bikin Geger Setelah Ada Pemuda Mendadak Nyebur ke Dalamnya. Berdiameter 1 Meter, Kedalaman Hampir 24 Meter

Wahdadi menguraikan PMI Sragen sendiri terjun bersama tim PSC 119 Sragen dengan dua armada berikut petugas medis.

Selain membantu pemadaman dan assesment, tim juga bersiaga untuk memberikan pertolongan medis.

“Untuk korban jiwa tidak ada,” terangnya.

Pabrik mebel ekspor di Dukuh Grabyak, Desa Doyong, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen yang terbakar itu diketahui milik pengusaha mebel ternama, Agung Purnomo (40) warga Desa Doyong, Miri, Sragen.

Pabrik berikut gudang mebel berukuran 50 x 15 meter itu ludes tak tersisa. Pun dengan material bahan baku mebel yang ada  di pabrik juga ludes terbakar.

Baca Juga :  Breaking News, Mayat Misterius Ditemukan di Bawah Jembatan Bangak Sragen. Lokasi Dijaga Ketat, Jenazah Terpantau Sempat Disemprot Desinfektan

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Data yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurut keterangan warga, api diduga berasal dari rembetan warga yang membakar sisa pohon jagung kering di lahan dekat pabrik.

Hingga berita ini diunggah pukul 22.30 WIB, kobaran api masih menyala dan melahap bangunan berikut barang mebel serta bahan kayu yang ada di pabrik. Wardoyo