loading...
Loading...
Ilustrasi babinsa saat menunjukkan rumah warga mapan yang ditempeli stiker miskin namun kemudian ditutup karena malu. Foto/Tribunnews

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga miskin penerima bantuan sosial (Bansos) dan bantuan dari pemerintah bakal dipasangi stiker penanda keluarga tidak mampu. Stiker itu akan menjadi penyeleksi bagi warga yang bermodus mengaku-aku miskin agar dapat bantuan.

Pemasangan stiker keluarga tidak mampu itu akan mulai dipasang pada hari Selasa (12/11/2019).

Kepala seksi (Kasi) Bantuan sosial, Dinas Sosial Karanganyar, Gunarto mengatakan, rumah warga miskin yang dipasang stiker tersebut, merupakan warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Selama ini kan ada kecemburuan di masyarakat. Ada yang dapat bantuan, ada yang mengaku tidak dapat. Sekalian saja kita pasang stiker keluarga miskin. Rumah yang dipasang stiker ini, mereka yang menerima PKH dan BPNT,” kata Gunarto, Senin (11/11/2019).

Baca Juga :  Siap-siap, Sejumlah Satker di Karanganyar Bakal Dihapus, PNS-nya Bakal Dipindahkan 

Menurutnya, keluarga miskin penerima PKH dan BPNT tersebut, merupakan warga hasil pendataan yang dilakukan dan masuk dalam database Dinas Sosial. Dijelaskannya, selama tiga bulan sekali, Dinas Sosial melakukan pendataan ulang dan melakukan revisi.

“Tiga bulan sekali kita lakukan pendataan ulang dan revisi. Untuk mengetahui apakah ada perubahan data atau tidak. Jika ada perubahan, baik penambahan dan pengurangan, langsung kita sampaikan ke pemerintah pusat,” jelasnya.

Terpisah, anggota Komisi D DPRD Karaganyar, Endang Muryani, mengapresiasi upaya pemasangan stiker keluarga miskin tersebut. Menurutnya dengan pemasangan stiker tersebut, pendataan warga miskin semakin sempurna, dan pendistribusian program kemiskinan akan lebih tepat sasaran.

Baca Juga :  Peringati Hari AIDS Sedunia, Semua Perusahaan di Karanganyar Diwajibkan Pasang Spanduk Dengan Tulisan Ini! 

Karena seluruh warga miskin akan masuk ke dalam database.

“Kita berharap, pemasangan stiker ini akan mempermudah pendistribuasin bantuan program kemiskinan. Karena para penerima bantuan, telah masuk ke dalam database,” kata Endang. Wardoyo

Loading...