JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Beberapa Tokoh Senior Golkar Beri Dukungan untuk Airlangga

   
Akbar Tanjung berbicara pada wartawan setelah menerima Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin, Erick Thohir di kediamannya, Jalan Purnawarman, Jakarta. Selasa (16/4/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Peta pertarungan menuju kursi Ketua Umum Partai Golkar makin menunjukkan arahnya.

Setelah beberapa hari lalu presiden Jokowi memuji-muji Airlangga Hartarto selaku Menko Perekonomian sekaligus kandidat Ketua Umum dalam Munas Golkar Desember nanti, beberapa tokoh senior Golkar mulai menampakkan pendulumnya.

Dari kalangan senior, Akbar Tandjung yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan terang-terang memberikan dukungannya kepada Airlangga.

“Sejak dua-tiga tahun lalu saya sudah mendorong dia. Tentu saya senang kalau dia bisa melanjutkan kepemimpinan ke depan,” kata Akbar ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Hal senada juga disampaikan Akbar pada awal Agustus lalu. Mantan ketua umum Golkar ini pun berpesan agar Airlangga terus menjaga agar dukungan yang sudah ada padanya saat tidak berubah.

Akbar mewanti-wanti bahwa situasi politik masih bisa dinamis dan berubah dalam satu bulan ke depan. Meski Airlangga seperti sudah mendapatkan sinyal restu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Akbar mengingatkan agar Airlangga terus berusaha merangkul internal Golkar.

Politik, kata Akbar, seringkali tidak bisa diprediksi langsung. “Seringkali timbul soal-soal, dinamika yang begitu tinggi, bisa saja ada perubahan.”

Ketua DPD I Sulawesi Selatan Nurdin Halid juga menyatakan dukungannya kepada Airlangga. Dukungan ini sebenarnya telah disampaikan DPD Golkar Sulsel.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Namun dukungan Nurdin terus diperebutkan kubu Airlangga dan kubu Bambang Soesatyo.

“Klaim-klaim itu biasa dalam politik. Di sana mengklaim ini, sini mengklaim ini kan biasa,” kata Nurdin ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam.

Menurut Nurdin, sebanyak 24 DPD II Golkar Sulawesi Selatan juga bulat mendukung Airlangga pada Munas Golkar.

Dia mengklaim tak ada perubahan dukungan DPD Sulsel hingga hari ini. “(Memenangkan) itu kan kalau nanti kan di Munas. Sekarang dukungan dilakukan, dan tidak ada perubahan sampai hari ini,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com