JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Blangko Kosong, Awas Calo E-KTP dan KK Mulai Gentayangan di Sragen. Ada Yang Patok Rp 100.000 Hingga Rp 3 Juta!

Antrian warga mengular di depan kantor Dispendukcatpil, Senin (4/11/2019). Foto/Wardoyo
Antrian warga yang ingin antri E-KTP mengular di depan kantor Dispendukcatpil, Senin (4/11/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kekosongan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau E-KTP menjadi dilema tersendiri. Tak hanya menyengsarakan masyarakat, kondisi itu ternyata juga mulai dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan.

Belakangan, sejumlah warga mengeluhkan adanya oknum calo dari desa mereka yang menawarkan jasa mencarikan E-KTP maupun KK. Tarifnya antara Rp 100.000 untuk E-KTP hingga Rp 3 juta untuk kompletan Adminduk (KTP,KK,Surat Pindah).

Fakta itu terekam dari aduan sejumlah warga yang merasa tertipu dengan oknum yang mengaku bisa membantu mencarikan E-KTP dengan tarif tertentu.

Baca Juga :  Jadi Trending, Pengusaha Nasional Asal Sragen Billy Haryanto Akhirnya Angkat Bicara Soal Bonusnya Rp 500 Juta untuk Tim Thomas Cup. "Saya Bangga Prestasi Mereka!"

“Kemarin saya ditawari kenalan saya, orang Gemolong juga. Katanya bisa bantu nyarikan E-KTP untuk ponakan saya. Katanya biayanya Rp 100.000,  saya iyakan karena ponakan saya memang lagi butuh E-KTP untuk nyari kerja. Ternyata uang sudah dibayar, E-KTP yang dijanjikan jadi Senin (5/11/2019) tetap nggak jadi,” ujar SU, salah satu warga Gemolong kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).

Baca Juga :  Ditunjuk Pimpin SOIna, Sekda Sragen Siap Ikhlaskan Tunjangan TPP Rp 10 Juta untuk Pembinaan. Sebut Kerja Kemanusiaan

Meski gagal mendapatkan E-KTP yang dijanjikan, oknum calo itu juga tak mengembalikan uang. Namun ia kembali menebar janji dengan akan mengupayakan mencarikan E-KTP jika sudah turun blangko lagi dari pusat.

Kepala Dispendukcapil Sragen, Haryatno Wahyu L Wiyanto menyayangkan masih adanya warga yang tergiur tawaran dari oknum calo.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua