JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Mau Liburan Musim Dingin di Jepang? Wajib Untuk Memiliki 8 Barang ini

Istimewa
loading...
Loading...
Istimewa

Kalau sebelumnya Anda sudah merasakan piknik menikmati indahnya bunga sakura mekar di musim semi atau melihat daun-daun pohon Ginko menguning di musim gugur, maka lengkapi pengalaman Anda dengan menjelajahi Jepang di musim dingin. 

Musim yang satu ini memang kadang terasa agak ekstrim karena terpaan udara dingin dan taifun. Akan tetapi di sisi lain, Anda juga bisa menikmati liburan menyenangkan dan seru. Pasalnya jumlah turis yang berkunjung cenderung berkurang, harga akomodasi pun bisa lebih bersahabat.

Namun tentu harus ada persiapan yang lebih matang untuk bisa menikmati liburan di musim dingin seperti itu.  Pertama, ada baiknya juga bila Anda mengecek tiket pesawat ke jepang untuk mendapatkan berbagai promo menarik. Berikutnya, pastikan Anda membawa barang-barang ini di dalam koper.

  1. Jaket anti air atau windproof

Barang terpenting yang wajib Anda bawa adalah jaket atau coat khusus musim dingin. Jika tidak ada, Anda bisa mencari jaket lain yang anti air atau tahan angin supaya bisa melindungi dari hempasan hawa dingin. Biasanya jaket atau coat ini dibuat dari beberapa material khusus, seperti polyester fleece, wol, bulu angsa, maupun material sintetis lainnya.

Pastikan juga jaket yang kamu gunakan memiliki ventilasi udara yang baik. Indikatornya adalah barang tersebut bisa menjagamu tetap kering tanpa harus merasa kepanasan dan berkeringat di situasi apapun 

  1. Syal dan kupluk

Leher dan telinga Anda sangatlah sensitif pada udara dingin. Apalagi di musim dingin, suhu udara di Tokyo saja bisa mencapai 2 derajat celcius atau di bawah nol derajat bila kondisi sedang ekstrim. Karena itu Anda mesti membawa perlindungan yang mencukupi.

Anda bisa menggunakan syal untuk menutupi leher sehingga tidak kedinginan. Pilihlah bahan yang dapat menghangatkan, seperti polyester fleece dengan teknologi thermal, wool, atau kashmir wool. Syal juga punya banyak fungsi. Selain menghangatkan leher, Anda juga bisa memakainya untuk menutupi hidung dan mulut supaya terlindung dari hembusan udara dingin.

Sedangakn untuk kepala dan telinga, Anda bisa menggunakan kupluk atau ear muff (kalau hanya telinga saja). Sama dengan syal, pilihlah bahan yang mampu menjaga agar panas tubuh tidak langsung terlepas keluar sehingga Anda bisa tetap merasa hangat.

  1. Sarung tangan
Baca Juga :  Ini Deretan Jeans Pria Brand Lokal Terbaik, Kualitasnya Mendunia

Sarung tangan juga penting untuk menjaga agar tangan Anda tidak kaku dan sulit digerakkan. Kasmi menyarankan Anda menggunakan sarung tangan yang berbahan kulit atau polyester fleece yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko. Kalau lupa membawanya, Anda juga masih bisa dengan mudah mencari pengganti di macam-macam toko di Jepang.

  1. Tas anti air

Jangan lupa untuk membawa tas punggung atau selempang yang tahan air. Tas ini akan jadi wadah untuk membawa seluruh barang-barang Anda ketika berjalan-jalan, termasuk paspor dan dokumen pribadi yang sudah tentu tidak boleh rusak. Tak usah membawa tas berukuran besar, cukup yang masih muat disimpan dalam koper dan benar-benar tidak dapat ditembus air.

  1. Sepatu tebal

Siapkan sepatu tebal yang anti air atau sepatu khusus musim dingin. Salah satu sepatu tebal dan anti air yang bisa Anda gunakan, misalnya, boots yang berbahan kulit atau suede. Sepatu ini bisa melindungi kaki Anda dari hawa dingin, percikan air, atau salju. Sebagai perlindungan tambahan agar air tidak merembes ke dalam sepatu, semprotkan juga cairan anti air. 

  1. Lip balm
Baca Juga :  Yogyakarta Bakal Mulai Uji Coba Paket Tur Kampung Wisata

Barang yang satu ini mungkin terkesan remeh, tapi percayalah, pria atau wanita akan sama-sama membutuhkannya. Apalagi angin di musim dingin cenderung mengembuskan hawa kering. Efeknya bisa membuat kelembaban bibir berkurang sehingga membuatnya pecah-pecah atau terluka dan terasa perih.

Salah satu cara untuk melindungi bibir dari kekeringan tersebut adalah menggunakan pelembab khusus bibir yang bisa Anda dapatkan di apotik. 

  1. Krim muka

Selain lip balm untuk menjaga kelembaban bibir, pastikan Anda juga membawa krim muka. Sama seperti disebutkan di atas, udara musim dingin yang kering bakal berpengaruh pada kondisi serta kelembaban kulit yang terpapar langsung. Karena itu siapkanlah krim wajah untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulitmu.

  1. Obat-obatan dan vitamin

Terakhir, jangan sampai Anda lupa membawa obat-obatan dan vitamin pribadi, apalagi jika memang Anda memiliki kondisi khusus. Obat-obatan di luar negeri dirancang sesuai dengan kondisi fisik warga setempat, sehingga bisa jadi tidak cocok untuk Anda.

Daripada menanggung risiko yang buruk, ada baiknya Anda membawa obat sendiri. Misalnya tolak angin, vitamin C, vitamin B, atau sekadar obat sakit kepala. *

 

Loading...