JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Antisipasi Malam Tahun Baru, Polda Jateng Pasang Kamera Pengawas Tambahan di Jalan Slamet Riyadi Solo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah memasang kamera pengawas tambahan di seputar Jalan Slamet Riyadi, Solo. Pemasangan kamera pengawas tambahan tersebut dilakukan sebagai antisipasi pengamanan saat perayaan malam tahun baru 2020.

Kabid TIK Polda Jateng, Kombes Pol AB Kawedar menuturkan, pemasangan CCTV (kamera pengawas) tambahan bertujuan untuk memastikan pengamanan masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun di Kota Solo.

“Selain itu, juga untuk memberikan pengawasan pada masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Jadi melalui kamera pengawas akan diketahui siapa saja yang membutuhkan tindakan medis saat malam tahun baru. Akan segera diinformasikan kepada petugas untuk mendatanginya,” ujarnya di sela kegiatan pemasangan kamera, Minggu (29/12/2019).

Baca Juga :  ABG 15 Tahun Dipaksa Masuk Kamar dan Digilir 2 Pemuda di Rumah Sepi. Pelaku Mengaku Tak Bisa Tahan Nafsu Gegara Sering Nonton Film Panas Jepang

Kombes Pol Kawedar menambahkan, kamera pengawas juga berfungsi mengantisipasi jika terjadi kintijensi, teror atau bencana.

“Jika terjadi teror misalnya, melalui kamera pengawas akan diketahui pelakunya. Prinsipnya setiap kawasan di Jalan Slamet Riyadi dimana merupakan lokasi puncak perayaan malam tahun baru 2020 di Kota Solo terjangkau oleh pengawasan kamera,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemkot Solo Izinkan Hajatan Ijab Qobul, Maksimal 2 Jam Tanpa Live Musik, Jika Melanggar Langsung Dibubarkan

Bahkan, lanjut Kawedar, kamera pengawas akan memudahkan tugas para penembak jitu yang berada di beberapa lokasi strategis.

“Karena Brimob sesuai dengan perintah Kapolda Jateng, ditempatkan sejumlah penembak jitu di bebeeapa tempat strategis untuk memberi rasa aman pada masyarakat,” pungkasnya.

Pemasangan CCTV sendiri dilakukan secara permanen dan terkoneksi dengan Traffic Management Centre (TMC) Satlantas Polresta Solo. Triawati PP