JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mahfud MD: Korupsi Muncul dari Partai yang Kurang Profesional

Mahfud MD / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Muncul dan maraknya  praktik korupsi di Indonesia, ditengarai muncul lantaran banyak partai yang tidak profesional.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam),  Mahfud MD.

Mahfud mengatakan hal itu  dalam pidatonya pada pembukaan Mukernas V Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta (14/12/2019).

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan, partai politik, terutama yang memiliki perwakilan di DPR saat ini menjadi menjadi tertuduh biang maraknya korupsi dan pelanggaran hukum.

Menurut dia, korupsi sebenarnya tumbuh karena partai-partai yang tidak profesional.

Baca Juga :  Dituduh Catut Nama Dosen Malaysia, Ini Bantahan Dekan UNAS

“Partai politik ini dituduh perusak dalam kehidupan kita bernegara, terutama karena maraknya korupsi, tumbuh karena partai-partai yang tidak profesional, tapi ikut-ikutan dalam membangun pemerintahan yang kurang bersih,” kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, bahkan ada pula sebagian masyarakat yang menginginkan agar tak perlu ada DPR dan partai politik di Indonesia.

Namun menurutnya, kalangan terdidik tentu akan berpendapat bahwa partai politik perlu ada di Indonesia.

Dia mencontohkan negeri jiran yang tidak memiliki partai politik. Mahfud berujar, di negara itu tak ada pihak yang bisa menjadi pengontrol kebijakan pemerintah.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

“Kita yang terdidik tentu mengatakan jauh lebih baik ada partai meskipun kurang baik daripada tidak ada partai,” ujarnya.

Maka dari itu, Mahfud pun mengajak partai politik tetap semangat berjuang sesuai konstitusi. Dia mengajak partai politik untuk membuktikan diri agar publik itu berpendapat mereka harus ditinggalkan.

“Betapa pun pahit orang menuding, maka mari kita bangun partai ini. Jangan beri kesempatan orang mengatakan bahwa partai itu harus ditinggalkan,” kata dia.

Hadir di pembukaan Mukernas ini, Mahfud juga mengaku ikut bersyukur PPP bisa bertahan sejak era reformasi hingga kini, meskipun juga mengalami goncangan besar.

PPP juga pernah didera kasus korupsi yang menjerat mantan ketua umumnya, Romahurmuziy.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com