JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Nggak Nyangka, Satu Atlet Cilik Asal Karanganyar Turut Sumbang Medali Perak di Sea Games 2019. Ini Dia Sosoknya!

Basral saat bersama Bupati Karanganyar. Foto/Humas
Basral saat bersama Bupati Karanganyar. Foto/Humas

KARANGANYAR,JOGLOSEMARNEWS.COM Pesta olahraga 11 negara Asia Tenggara Sea Games 2019 di Manila, Philipina yang barusaja berakhir, ternyata turut melambungkan nama Karanganyar.

Pasalnya, di antara ratusan atlet Indonesia yang menyumbang medali, satu di antaranya berasal dari Kabupaten berjuluk Bumi Intanpari ini.

Ya, atlet itu adalah Basral Graito Hutomo. Bocah cilik itu turut menyumbangkan medali perak dalam nomor Game Of Skate Putra Cabang Olahraga Skateboard di ajang SEA Games 2019.

Basral harus puas meraih perak usai kalah dari atlet tuan rumah, Daniel Ledermann yang sukses meraih medali emas. Meski begitu, raihan prestasinya menjadi runner up sudah cukup memberikan kontribusi menyumbang medali hingga kontingen merah putih sukses menembus peringkat keempat di ajang multievent itu.

Baca Juga :  Hasil Swab Berubah-Ubah, Keluarga Pak RT Buran Karanganyar Yang Positif Covid-19 Diminta Isolasi Mandiri Dulu. Hikmah Positifnya, Kades Sebut Warga Makin Waspada dan Perketat Protokol Kesehatan!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono juga mengapresiasi atlet cilik dari Colomadu tersebut.

Sebelumnya, dalam ajang Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke-11 yang diselenggarakan di Karanganyar pada akhir Oktober 2019, Basral juga sukses meraih juara pertama dalam kategori yang sama.

Juliyatmono mengatakan, Basral dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak lain, bahwa olahraga itu menjanjikan.

Baca Juga :  Astagfirullah, Jumlah Warga Karanganyar Meninggal Terkait Covid-19 Sudah Mencapai 80 Orang. Jumlah Kasus Positif Melonjak Jadi 414, Suspek 1.867

Menurutnya, sosok seperti Barsral merupakan model yang diharapkan oleh Kemendikbud, Nadiem Makarim.

“Talentanya apa, dipacu terus supaya optimal,” paparnya.

Ia mengatakan bahwa talenta tidak hanya mengedepankan perihal akademik, namun juga non-akademik.

Dia menambahkan sebelum berlaga dalam ajang SEA Games 2019, Basral juga tampil dalam ajang IOXC ke-11 yang diselenggarakan di Karanganyar dan mendapatkan juara.

“Tentu kita kan mengundangnya, ia juga jadi inspirasi bagi anak lain. Kita akan tanya apa yang selama ini masih mengganjal, supaya optimal (mengembangkan bakatnya), kita korek itu,” jelasnya. Wardoyo