JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah DKI Buru Pemilik Moge untuk Bayar Pajak

Kepala Unit Samsat Jakarta Selatab Khairil Anwar (topi merah) saat menyosialisasikan bayar pajak kepada salah satu pemilik motor gede (moge), Imelda Susiang, di halaman parkir mal Senayan City, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Untuk menyadarkan para pemilik motor gede (Moge), pemerintah DKI Jakarta melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan “memburu” atau merazia para pemilik Moe untuk segera memenuhi kewajibannya.

Namun upaya itu memunculkan pertanyaan bagi para pemilik Moge, salah satunya Imelda Susiang.

Dia mempertanyakan cara pemerintah DKI Jakarta menagih pajak kendaraan dengan cara razia. Imelda menganggap, warga awam cenderung berpikir negatif dengan adanya razia pajak dari pemerintah DKI Jakarta.

“Kenapa harus begini? Saya masyarakat awam tidak tahu seperti ini tapi bayar pajak berpikirnya cenderung negatif,” kata Imelda kepada petugas razia di parkiran moge mal Senayan City, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).

Apalagi, lanjut Imelda, razia dilakukan akhir tahun. Menurut dia, warga yang tak tahu-menahu adanya razia tapi sudah melakukan kewajibannya membayar pajak berpotensi menganggap pemerintah DKI tengah mencari uang.

“Mikirnya aji mumpung, dengan kata lain lagi cari duit. Pasti orang mikir ah akhir tahun kan,” ucap pemilik Harley Davidson ini.

Pemilik moge lain, Samuel, menyambut positif razia door to door tersebut. Samuel menilai tak semua warga Jakarta mengetahui bahwa pemerintah DKI tengah menyosialisasikan bayar pajak. Dia menyebut ia bersama komunitasnya bernama Doubel E Garage santai menghadapi razia DKI.

“Kalau komunitas saya kebetulan memang saya imbau untuk taat pajak jadi di jalan kan kami enak enggak main kucing-kucingan,” ucap Samuel.

Hari ini pemerintah DKI kembali menggelar razia terhadap moge di Senayan City untuk kedua kalinya. Razia moge pertama dilakukan di lokasi yang sama pada Ahad pekan kemarin. Hasilnya beberapa moge ditemukan menunggak pajak.

Kepala Unit Samsat Jaksel Khairil Anwar menuturkan razia hari ini dilakukan terhadap 16 moge. Menurut dia, seluruh kendaraan sudah patuh membayar pajak. Ihwal razia yang berjalan di akhir tahun, Khairil menjelaskan sudah menagih penunggak sejak 16 September 2019.

Akan tetapi, beberapa pemilik kendaraan tak merespons surat yang dilayangkan. Bahkan, dia melanjutkan, pemerintah DKI telah mendatangi rumah penunggak tersebut.

“Imbauan kami sampaikan ke rumah, tidak ada respons kemudian kami samperin ke rumahnya door to door. Kendaraannya tidak ada, kami kejar ke tempat parkirnya di mana, apartemen, mal-mal, kami kejar. Tidak ada juga, kami razia dengan polisi Polda Metro di jalan,” jelas Samuel.

www.tempo.co

Baca Juga :  IM57+ Institute Ingatkan Jokowi untuk Serius Bentuk Pansel KPK, Tidak Cuma Basa-basi
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com